home ×
Digilife

Tangkal Corona, Eks Menkominfo Rudiantara Inisiasi Donasi untuk RSCM

23 March 2020 By
Tangkal Corona, Eks Menkominfo Rudiantara Inisiasi Donasi untuk RSCM
Uzone

(Eks Menkominfo Rudiantara/Foto: dok. Katadata)

Uzone.id -- Masa pandemi corona yang melanda berbagai negara termasuk Indonesia mendorong berbagai pihak turut berkontribusi untuk membantu mempercepat penanganan virus ini. Tak terkecuali mantan Menteri Komunikasi dan Informatika era 2014-2019, Rudiantara.

Rudiantara bersama beberapa kolega lain menjadi inisiator penggalangan dana yang bertajuk “Gerakan Kemanusiaan untuk COVID-19”. Uniknya, penggalangan donasi ini khusus diperuntukkan untuk RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang notabene adalah RS Pemerintah.

“Hal yang perlu digarisbawahi, kami ini, RSCM bukan rumah sakit rujukan COVID-19. Namun pada praktik di lapangan, banyak sekali suspect, apalagi sekarang ada dua macam, ODP [orang dalam pantauan] dan PDP [pasien dalam pengawasan]. Dalam seminggu, lonjakan PDP yang kami rawat tinggi sekali,” ungkap Kabag Humas & Pemasaran RSCM, Ananto saat dihubungi Uzone.id pada Minggu malam (23/3).

Dia melanjutkan, “jadi sebelum pasien itu dirujuk ke rumah sakit rujukan, mereka datangnya ke kita. Sementara kita gak bisa nolak pasien, tentu akan kita ladeni, tapi kita pun juga tak bisa mengabaikan pasien rujukan nasional. Itu kalau bercampur dengan PDP, bayangkan saja. Ini mengkhawatirkan, karena banyak masyarakat lebih familiar dengan RSCM dibanding RS rujukan corona.”

Dari sini, Ananto mengaku, Rudiantara dan beberapa teman lain merasa simpati dengan RSCM dan mereka akhirnya menginisiasi penggalangan dana ini.

“Kenapa gak pakai rekening RSCM? Karena kita RS pemerintah, gak boleh menggalang dana. Kalau donasinya datang dari masyarakat, baru kita boleh menerima. Untuk penyebaran pengalangan ini, timnya Rudiantara yang bertugas menyebarkan di media sosial,” kata Ananto lagi.

Penggalangan donasi yang diinisiasi oleh Rudiantara ini menargetkan Rp5 miliar guna memenuhi kebutuhan untuk RS Pemerintah, dalam hal ini RSCM sebagai rumah sakit yang turut berperan dalam menanggulangi virus corona.

“Mungkin beliau-beliau itu [Rudiantara cs] ingin donasi ini langsung berjalan dengan cepat, jadi berpikirnya pakai rekening pribadi, bukan pakai platform digital lain seperti Kitabisa begitu. Tapi pada intinya, inisiasi ini sangat mulia, dan saya klarifikasi bahwa penggalangan ini benar adanya, bisa verifikasi informasi ke saya juga jika ada penyumbang yang ingin bertanya,” tutup Ananto.

(dok. Ist)

Hingga artikel ini ditulis, tim Uzone telah menghubungi Rudiantara untuk meminta tanggapan, namun belum ada jawaban.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Mely Imut 27 March 2020 | 11:07:19

semoga aja lancar dan selalu bersih semua virus corona mati amin

Miskin aman 23 March 2020 | 18:38:37

sepertinya itu memang sudah kewajibannya

AN-NAFI'U NAFI 23 March 2020 | 11:40:53

bagus Menkominfo donasi untuk rscm karena bahan logistik dan alat masih kurang biaya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article