home ×
Startup

Teknologi di Tokopedia, Dulu Human Intervention Kini Automation

29 July 2020 By
Teknologi di Tokopedia, Dulu Human Intervention Kini Automation
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Kemudahan yang ada di ecommerce Tokopedia diciptakan oleh orang-orang berbakat yang tergabung dalam tim mengurusi teknologi di dalam platform tersebut. Mereka adalah System Administrator, yang disebut sebagai sosok pahlawan di garis depan.

Disebut pahlawan karena System Administrator (SysAdmin) memastikan kelancaran 90 juta pengguna aktif terhadap sistem Tokopedia. Mereka bertanggung jawab terhadap pemeliharaan, pengoperasian, serta keamanan sistem guna memastikan dan melindungi infrastruktur dari berbagai masalah dan gangguan pada server.

START Summit Ext

Inilah yang menjadi dasar Tokopedia membuat tema khusus SysAdmin di event START Summit Extension. Ada empat orang engineers Tokopedia yang membagikan cerita di balik inovasi dalam mengelola infrastruktur dan bekerja dengan jaringan multi-cloud.

Menurut Senior Software Engineer – Cloud Platform Tokopedia, Prima Adi, infrastruktur Tokopedia awalnya dikelola secara manual. Semua proses, mulai dari permintaan new instance dan membuat pipelines, lalu melakukan testing bersama dengan tim software engineer, semua dilakukan dengan human inervention, untuk memastikan servicenya sudah terpasang dengan baik.

"Namun kini, Tokopedia telah menggunakan teknologi Automation System untuk memudahkan proses operasional dan administrasi. Kami mengimplementasikan sistem automasi dengan menerapkan beberapa tools yang digunakan Tokopedia, yakni GitOps, VM Autoscale, Kubernetes Deployment, dan Canary Manager," ujar Prima, dalam penjelasannya di START Summir Extension 2020 dengan tema 'SysAdmin Day – The Fantastic Heroes of All Things Tech', beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Bayu Rizki, yang memiliki keahlian sama dengan Prima Adi, untuk menggunakan automation, timnya harus mencari use case yang valid sehingga dapat menentukan sistem ini akan sering digunakan atau tidak. Intinya, kata dia, 'case shows scale'.

START Summit Ext.

"Semakin besar skalanya, pasti semakin tinggi kebutuhan untuk menerapkan automation. Jadi, jangan pernah ragu untuk meng-automasi sesuatu jika memang dirasa perlu," kata Bayu.

START Summit Extension merupakan konferensi teknologi virtual pertama yang dihadirkan oleh Tokopedia melalui Tokopedia Academy. Berbagai topik terkait inovasi teknologi yang dilakukan oleh Tokopedia akan dikemas dan dibawakan oleh para talenta berbakat di bidangnya masing-masing.

SysAdmin Day – The Fantastic Heroes merupakan tema dari acara START Summit Extension yang ketiga. Sebelumnya, pada 16 Juni 2020 kemarin, START Summit Extension mengadakan acara serupa yang mengangkat tema tentang bagaimana inovasi dari para Tim Teknologi Tokopedia yang bergotong-royong membantu, memberdayakan, dan menciptakan peluang bagi para penjual dan pengusaha lokal agar dapat tetap bertahan dan mengoperasikan bisnisnya secara online di tengah pandemi COVID-19.

Tokopedia akan terus mengadakan START Summit Extension setiap bulannya sebagai wadah bagi para pegiat teknologi di seluruh Indonesia untuk dapat belajar dan berdiskusi dengan para expert di bidangnya. Hal ini sesuai dengan visi dari Tokopedia Academy untuk membina para talenta teknologi Indonesia untuk menjadi ahli teknologi masa depan.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id