icon-category Gadget

Teknologi Kamera Galaxy S22 Series 5G yang Bakal Dipuja Content Creator

  • 21 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Samsung Galaxy S22 Ultra (Foto: Tyo/Uzone.id)

    Uzone.id - Samsung akhirnya merilis trio Galaxy S22 Series 5G dengan beberapa perubahan yang cukup signifikan. Built-in S Pen adalah salah satu hal menarik, tapi di luar itu masih banyak lagi perubahan lainnya. Umumnya di sektor kamera. Karena ketiganya kini punya sensor pengolah foto yang baru dan lebih besar.

    Dari ketiga seri Galaxy S22 5G versi Ultra memang selalu hadir paling mewah dan canggih, namun versi di bawahnya juga tidak kalah mentereng. Galaxy S22 5G dan S22+ 5G punya konfigurasi triple kamera dengan sensor 50 MP untuk kamera utama. Focal length nya sendiri sepanjang 23mm dan bukaan lensa F/1.8. Cukuplah untuk memotret siang dan malam.

    Sebelum mengulas lebih jauh, berikut ada perbandingan spesifikasi kamera trio Galaxy S22 5G.

    Dilihat dari tabel di atas, ketiga Samsung Galaxy S22 5G memang punya beberapa kesamaan. Namun Samsung Galaxy S22 Ultra 5G punya keunggulan dibesarnya sensor kamera utama, dan kamera depan. Untuk autofocus seri ini juga pastinya bakal lebih baik karena didukung sensor laser autofocus.

    Untuk telephoto ketiganya bisa zoom optical sampai tiga kali, namun versi Ultra punya kamera tambahan yang punya optical zoom sampai 10X. Dan terakhir Samsung Galaxy S22 Ultra 5G punya kamera selfie 40MP.

    Software Pendukung yang Menyempurnakan

    Kalau dilihat dari spesifikasinya, trio Samsung Galaxy S22 5G memang sudah punya hardware yang cukup canggih. Tapi itu tidak ada artinya kalau tidak diimbangi dengan software pendukung yang memadai. Beberapa fungsi yang menurut kami fenomenal adalah:

    Auto Framing

    Ini adalah sebuah fungsi yang memungkinkan Galaxy S22 Series 5G cukup pintar untuk mengenali objek yang ada di kamera. Ada 10 objek yang bisa dikenali secara bersamaan dan bisa melakukan optimasi dan fokus untuk seluruh objek agar hasil foto tetap tajam. 

    Selain itu fungsi tersebut juga bisa mengoptimalkan elemen warna, tingkat saturasi dan kontras untuk seluruh objek tersebut. Kamera ponsel Samsung bisa dibilang memang selangkah lebih maju berkat fitur Auto Framing.

    Untuk merekam video fungsi ini juga cukup bermanfaat. Ponsel bisa otomatis memilih lensa yang digunakan agar objek yang sedang direkam bisa tampil optimal di dalam satu frame, misal saat objek mendekat. Ponsel akan dengan sendirinya mengubah mode ke lensa ultra-wide, dan akan berpindah ke lensa tele jika objek bergerak menjauh dari ponsel.

    Sederhananya, fungsi ini akan mengoptimalkan agar objek bisa tampil dengan baik di dalam berbagai skenario pengambilan gambar. 

    Advanced Portrait Mode

    Adanya lensa tele membuat ketiga Galaxy S22 5G bisa mengambil foto dalam mode Portrait yang lebih baik.

    Mode Portrait akan membuat objek terlihat lebih tajam dengan membuat efek buram di bagian latar. Bedanya dengan mode sejenis pada umumnya, di Galaxy S22 5G tepian antar objek cukup presisi sehingga menghilangkan kesan berlebih.

    Baca juga: Bodi Kuat di Samsung Galaxy S22 5G Series

    Selain bisa berfungsi pada objek manusia, sistem AI di Galaxy S22 Series 5G juga cukup cerdas mengenali objek hewan.

    Nightography

    Ini mungkin istilah baru yang dipopulerkan Samsung melalui Galaxy S22 Series 5G. Istilah untuk mengungkapkan betapa bagusnya ponsel ini meringkus foto di tempat temaram. 

    Nightography tersedia untuk semua versi Galaxy S22 5G, baik kamera depan dan kamera belakang.Resep dari teknologi ini adalah menggabungkan beberapa frame dengan tingkat cahaya yang berbeda, kemudian disatukan untuk membuat satu frame dengan cahaya cukup tanpa efek noise yang mengganggu.

    Namun fungsi ini bisa berjalan dengan baik karena, Galaxy S22 5G juga memiliki pixel sensor 23% lebih besar dan aperture lebar hingga F/1.8.

    Baca juga: Begini Cara Pre-order Samsung Galaxy S22 5G Series

    Selain untuk foto, kemampuan merekam di malam hari juga ditingkatkan lewat teknologi Super Night Solution yang diklaim bisa menghilangkan noise dengan sangat signifikan. Fungsi ini juga kemudian diperkaya dengan Auto Frame Rate yang secara otomatis menyesuaikan frame rate video.

    Selain itu Galaxy S22 Series 5G datang dengan fitur Export Raw App, seperti namanya ini adalah aplikasi untuk memotret dengan kualitas tinggi dalam format 16 bit RAW. Tak seperti fungsi Pro Mode di seri Galaxy S sebelumnya, Export Raw App punya kemampuan yang lebih banyak.

    Hasil foto menggunakan Export Raw App punya dynamic range warna yang lebih luas. Pengguna juga bisa leluasa mengatur tingkat ISO, Shutter Speed, Histogram, Focus points dan beberapa fungsi lain seperti di kamera profesional. Fitur ini juga secara otomatis bisa dihubungkan dengan Adobe Lightroom agar bisa dioptimalkan lebih jauh lagi.

    Itulah beberapa fitur unik di Galaxy S22 Series 5G yang sepertinya sulit ditemukan di ponsel Android lainnya. Selain itu Samsung juga masih mempertahankan fungsi lain seperti Super Steady, teknologi foto Nona Binning, Advanced OIS dan lainnya.

    Tertarik meminang ponsel ini? pre-order telah dibuka sampai 3 Maret 2022 di www.samsung.com/id. Berikut detail harga untuk Galaxy S22 5G Series:

    • Samsung Galaxy S22 5G 8/128 GB: Rp11.999.000
    • Samsung Galaxy S22 5G 8/256 GB: Rp12.999.000
    • Samsung Galaxy S22+ 5G 8/128 GB: Rp14.999.000
    • Samsung Galaxy S22+ 5G 8/256 GB: Rp15.999.000
    • Samsung Galaxy S22 Ultra 5G 8/128 GB: Rp17.999.000
    • Samsung Galaxy S22 Ultra 5G 12/256 GB: Rp18.999.000
    • Samsung Galaxy S22 Ultra 5G 12/512 GB: Rp20.999.000

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini