icon-category Telco

Teknologi Pintar yang Dipamerkan di Telkomsel Solution Day 2024

  • 23 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Telkomsel tak hanya berkomitmen di aspek infrastruktur jaringan saja, namun juga solusi bisnis berbasis digital dari Telkomsel Enterprise dan juga Telkom. Adapun deretan solusi dan teknologi pintar baru yang dipamerkan di gelaran Solution Day pada 22 Februari 2024. Apa saja?

Gelaran Solution Day 2024 yang diadakan di Jakarta ini mengusung tema ‘Lead the Moment, Accelerate Business Growth’ dan menghadirkan 40 showcase solusi digital yang terbagi ke dalam 12 kategori vertikal dan horizontal.

Ada 5 showcase vertikal bisnis yang menjadi fokus Solution Day tahun ini, yakni Pertambangan, Manufaktur, Layanan Keuangan, Transportasi & Logistic, dan Agrikultur.

alt-img
Drone agrikultur besar produksi DJI yang diberdayakan. (Foto: Uzone.id)

Sedangkan 7 showcase horizontal bisnis yang dihadirkan Telkom dan Telkomsel adalah Connectivity, IoT (Internet of Things), Advance Connectivity, Customer Engagement, Emerging Solution, Innovation dan Data Center, Cloud dan Security Solution.

Lalu, ada dua solusi baru yang turut dipamerkan Telkomsel, yaitu Ted dan Digihub. Ted sendiri adalah solusi virtual account manager B2B Telkom Group yang memanfaatkan teknologi Generative AI untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

Sedangkan Digihub adalah platform yang menyediakan akses pada API (Application Programming Interface) telekomunikasi yang sudah ditawarkan Telkomsel seperti API Insight (API Location Verification), API layanan telekomunikasi (API SMS), API Dynamic Profile (API SIM Swap), dan API Autentikasi (API Mobile Network Verification).

Solusi Digihub ini dipercaya dapat memperkuat posisi Telkomsel sebagai penyedia API telekomunikasi berbasis standar CAMARA di Indonesia.

Salah satu API yang saat ini tersedia di Digihub berbasis standar CAMARA dan dapat diakses secara komersial adalah API SIM Swap yang penggunaannya dapat mendukung pelaku industri digital dalam menjaga keamanan layanan digital.

alt-img

“Telkom Digihub ini menjadi enabler bagi API telekomunikasi, dan CAMARA API Standard sudah tersedia untuk API SIM Swap, layanan ini sudah siap untuk komersialisasi. Layanan lain yang segera hadir adalah API Number Verification dan API Device Location,” jelas VP Data Solutions and Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang saat acara Telkomsel Solution Day 2024 di Jakarta, Kamis (22/2).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel, Nugroho saat memberikan kata sambutannya, menyampaikan bahwa perusahaan teknologi di era seperti sekarang harus bisa beradaptasi dengan kebutuhan pasar – baik itu B2B maupun B2C.

“Tidak ada solusi yang one fit for all. Untuk bisa menciptakan banyak solusi,a da beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, inovasi. Harus siap untuk selalu bergerak maju. Kedua, kolaborasi, karena kita dapat memanfaatkan kemampuan satu sama lain. Ketiga, kecepatan. Buat kalau solusi bagus, tapi pelanggan tidak happy kalau layanannya lama,” tutur Nugroho.

Bersamaan dengan gelaran Solution Day 2024, Telkomsel juga menandatangani nota kesepahaman bersama beberapa perusahaan, seperti kerja sama di bidang Infrastructure as a Service bersama PT Kalimantan Industrial Park Indonesia, kerja sama di bidang Connected Smart Highway Ecosystem bersama Jasa Marga Toll Road Operator dan kerja sama pemanfaatan RCS Business Messaging (RBM) bersama PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN).

alt-img

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini