home ×
Digilife

Teknologi VR Bikinan Startup Lokal Ini Sabet Juara di Paris

13 January 2020 By
Teknologi VR Bikinan Startup Lokal Ini Sabet Juara di Paris
Share
Share
Share
Share

 (Ilustrasi VR. Foto: Eddie Kopp / Unsplash)

Uzone.id -- Mendengar teknologi Virtual Reality (VR) biasanya erat kaitannya dengan inovasi yang berkembang di pasar Barat, tapi ternyata gak juga, lho. Ada VR bikinan startup asal Indonesia yang bisa sampai tembus di sebuah kontes mancanegara.

Bagi yang belum tahu, startup lokal bernama Smarteye.id sejak 2017 hadir untuk mengembangkan konten berbasis teknologi VR dan Augmented Reality (AR) yang dapat digunakan di sektor bisnis.

Nah, belum lama ini Smarteye.id bekerja sama dengan perusahaan kosmetik L’Oreal Group Indonesia yang juga tengah mencicipi sentuhan digital melalui teknologi VR/AR, Artificial Intelligence (AI), dan Internet of Things (IoT). 

L’Oreal Manufacturing Indonesia kemudian berpartisipasi di acara Virtual Reality & Safety Contest yang digelar di Paris, Prancis pada Oktober 2019. 

Menggandeng Smarteye.id, L’Oreal Manufacturing Indonesia berhasil keluar sebagai juara pertama di kontes ini. Tentu ini menjadi momen penting bagi inovasi teknologi karya anak bangsa, khususnya untuk VR.

(Foto: Ist)

Kegunaan VR Safety sendiri bagi perusahaan di antaranya dapat mengefektifkan waktu visitor dalam proses safety induction, mereduksi biaya operasional dan peralatan, serta mempermudah dan mempercepat penyampaian materi keselamatan kepada pengguna.

Melalui safety induction dari VR ini, pengguna bisa mendapatkan pengalaman interaktif dan seolah-olah berada di dalam dunia virtual tersebut. 

Lantas, apa pentingnya safety induction atau induksi keselamatan?

Jadi gini gaes, kemampuan VR untuk pelatihan karyawan sebenarnya bukan “barang baru” di sektor teknologi. Di luar negeri, sejumlah perusahaan sudah membuktikan kalau VR itu bisa menunjang efektivitas dalam menjalankan pelatihan keselamatan kerja.

Biasanya, prosedur safety induction ini dianggap penting bagi karyawan baru atau tamu yang baru pertama kali berkunjung ke lokasi kerja kita. Tujuannya, untuk mengomunikasikan kemungkinan kecelakaan dan kesehatan kerja umum selama bekerja atau kunjungan mereka. 

Selamat untuk tim Smarteye.id!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article