home ×
Telco

Teknologi XL Axiata Bisa Tingkatkan Produktivitas Tanaman Hidroponik 2X Lipat

13 November 2020 By
Teknologi XL Axiata Bisa Tingkatkan Produktivitas Tanaman Hidroponik 2X Lipat
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Di era pandemi, dimana semua orang menyibukkan diri di rumah, bercocok tanam menjadi salah satu tren yang muncul. Tren bercocok tanam dengan teknik hidroponik pun menjadi salah satu perhatian XL Axiata melalui sebuah solusi memudahkan penggemarnya. Namanya XL Smart Hydroponics.

Pihak XL mengatakan jika solusi XL Smart Hydroponics dibangun untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian yang menggunakan teknik hidroponik. Penggunaan solusi berbasis IoT ini terbukti berhasil mampu meningkatkan produktivitas petani hingga lebih dari dua kali lipat.

Menurut Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, bertani dengan menggunakan teknik hidroponik harus memperhatikan sejumlah hal penting. Antara lain pemantauan dan penyesuaian secara berkala atas takaran nutrisi, suhu air dan udara, serta tingkat keasaman (pH) air yang akan digunakan. Hal-hal tersebut sangat mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman.

XL Smart Hydroponics 3

"Seringkali pengukuran hal-hal tersebut kurang akurat dan tidak dilakukan secara rutin sehingga pengendalian nutrisi menjadi kurang maksimal. Akibatnya pertumbuhan tanaman juga tidak seperti yang diharapkan. XL Smart Hydroponics ini dirancang untuk menjadi solusi atas permasalahan tersebut," kata Febby, dalam keterangan resminya, Jumat, 13 November 2020.

Lebih lanjut dipaparkan jika XL Smart Hydroponics memiliki all in one system atau sistem yang telah terintegrasi, baik terhadap kinerja sensor, aktuator, konektivitas, platform dan aplikasi. Solusi ini telah dilengkapi dengan display touch screen dan didukung oleh Graphical User Interface (GUI) yang mudah digunakan.

"Dengan solusi ini petani bisa memantau secara real-time dan optimalisasi secara otomatis atas parameter-parameter yang mempengaruhi kondisi tanaman. Teknologi ini akan mendemokratisasi teknologi dan membantu urban farmer untuk memiliki sistem hidroponik yang baik dalam rangka mewujudkan swasembada pangan," jelasnya.

Fungsi utama dari XL Smart Hydroponics adalah pemantauan kondisi udara, air, dan pengontrolan nutrisi air secara otomatis. Kondisi udara di sekitar tanaman akan di monitor untuk menjaga kondisi ideal untuk tanaman. Tangki air yang berisi nutrisi dipasang beberapa sensor yang akan mengukur berbagai parameter terkait, kemudian data-data ini akan diolah dalam system dan pompa sebagai aktuator yang akan menginjeksi nutrisi secara otomatis sesuai dengan kebutuhan tanaman. Pengembangan machine learning, sensor, dan aktuator lainnya dapat menambah keunggulan serta mempertajam hasil analisis dan prediksi.

XL Smart Hydroponics ini telah diimplementasikan tahun ini oleh Kebun Gizi Hidroponik Baitul Maal Hidayatullah (BMH) di Depok, Jawa Barat. 

VIDEO: Samsung Galaxy M51 Review, Plus Minus Seminggu Dipakai

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article