icon-category Digilife

Teleskop Ini Berhasil Ambil Gambar Permukaan Matahari

  • 03 Feb 2020 WIB
  • Bagikan :

     

    Gambar permukaan matahari yang diambil Teleskop Surya Daniel K. Inouye (NSF)

    Uzone.id - Teleskop Surya Daniel K. Inouye di Hawaii berhasil menangkap gambar permukaan matahari dengan sangat jelas untuk pertama kalinya dalam sejarah.

    Ilmuwan mengatakan, ini adalah lompatan terbesar dalam kemampuan kita mempelajari matahari sejak zaman Galileo.

    Teleskop Surya Daniel K. Inouye, yang punya cermin teleskop empat meter itu merilis gambar pertama permuakaan matahari pada pekan lalu.

    Baca juga: Netizen Kompak Pamer Foto-foto Gerhana Matahari Cincin di Twitter

    Gambar yang dirilis 29 Januari 2020 adalah resolusi tertinggi dari permukaan matahari yang pernah diambil.

    Gambar memperlihatkan struktur seperti sel yang bertebaran di permukaan matahari. Butiran sel itu disebabkan adanya arus konvektif plasma di matahari. Bahkan, masing-masing sel itu berukuran negara bagian Texas, Amerika serikat.

    Para ilmuwan mengatakan, butiran berukuran Texas tersebut hasil dari panas yang dibawa dari dalam matahari ke luar permukaannya. Seolah-olah kita melihat matahari mendidih.

    Gerakan plasma matahari terus-menerus memutar dan mengacaukan medan magnet di matahari. Medan magnet berbelok dapat menyebabkan badai matahari yang bisa mempengaruhi sistem di Bumi.

    Erupsi magnetik pada matahari bisa mempengaruhi pejalanan udara, mengganggu komunikasi satelit, mengacaukan jaringan listrik dan menonaktifkan teknologi macam GPS.

    Teleskop Surya Inouye bisa mengukur dan mengkarakterisasi medan magnet matahari secara lebih rinci daripada yang pernah dilihat sebelumnya dan menentukan penyebab aktivitas matahari yang berpotensi berbahaya.

    National Science Foundation membuat konstruksi Teleskop Surya Inouye pertama kalinya pada Agustus 2017. Teleskop tersebut sekarang berada di dekat puncak Gunung Haleakala di Pulau Maui, Hawaii.

     

     

    VIDEO Hasil Review Samsung Galaxi A51

    Tags : teleskop matahari 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini