icon-category Digilife

Teleskop James Webb NASA Temukan Planet Baru, Ukurannya Mirip Bumi

  • 13 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Teleskop James Webb/Space.com

Uzone.id – Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, menemukan planet baru yang ukurannya mirip dengan planet Bumi. Planet baru ini jadi planet yang pertama tertangkap oleh teleskop James Webb pada Kamis, (12/1).

Exoplanet ini berukuran hampir sama dengan Bumi, dimana planet ini punya 99 persen diameter Bumi. 

Akan tetapi, para peneliti belum mengetahui apakah planet ini punya atmosfer atau tidak. Mereka juga tak menyebutkan kemungkinan apakah planet ini bisa dihuni atau tidak.

Kandungan yang terdapat di planet baru berdasarkan teleskop James Webb.

“Kami belum dapat membuat kesimpulan pasti soal atmosfer planet ini,” kata Erin May, dari Laboratorium Fisika Terapan, dikutip dari Techspot.com, Jumat, (13/01).

Baca juga: Google Makin Terancam, Microsoft Siap Akuisisi ChatGPT

Planet dengan nama LHS 475 b ini memiliki jarak sekitar 41 tahun cahaya dan berada di konstelasi Octan.

Tapi, exoplanet ini punya suhu lebih panas dari Bumi, bahkan suhunya bisa mencapai sekitar 300 ratus derajat celcius lebih dibandingkan Bumi dan memiliki waktu mengorbit selama 2 hari.

Apabila ada awan terdeteksi di planet ini, artinya iklim planet tersebut lebih mirip dengan Venus dengan atmosfer karbon dioksida yang diselimuti awan tebal.

NASA belum mengatakan lebih banyak informasi soal planet ini, tapi ini jadi planet pertama yang dideteksi teleskop James Webb usai meluncur Desember 2021 lalu.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini