home ×
Telco

Telkom Bakal Dijadikan Pusat Digital untuk Perusahaan BUMN Indonesia

31 January 2021 By
Telkom Bakal Dijadikan Pusat Digital untuk Perusahaan BUMN Indonesia
Share
Share
Share
Share

Uzone.id – Sejalan dengan misi Telkom untuk menjadi perusahaan digital terbesar di tanah air, hal tersebut rupanya didukung oleh Kementerian BUMN melalui sebuah rencana untuk menjadikan Telkom sebagai Digital Hub bagi semua perusahaan ‘pelat merah’ di Indonesia.

Mengutip Kompas, Minggu (31/01), rencana ini dikonfirmasi langsung oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo.

“Telkom juga akan kita transformasi, selain menjadi perusahaan publik yang baik dan profitable juga jadi digital hub bagi BUMN. Telkom diharapkan sebagai sisi advance dalam digital transformation bisa mensupport BUMN-BUMN lain untuk digitalisasi di berbagai sektor yang masih tradisional,” ujarnya.

Baca juga: Telkom Bakal Pelajari Aturan Baru Pajak Pulsa

Hanya saja, belum ada penjelasan lebih detail terkait mekanisme yang akan dijalankan Telkom dalam implementasi rencana ini nantinya.

Yang jelas, Menteri yang akrab disapa Tiko tersebut dalam rencananya menyebutkan contoh bentuk peran Telkom dalam rencana digitalisasi yang dimaksudkan, salah satunya ialah dari sektor transportasi terutama dalam hal ticketing yang kebanyakan masih berupa tradisional dan kedepannya diharapkan bisa berubah menjadi e-ticket.

Sektor kesehatan juga diharapkan bisa melakukan digitalisasi dalam pelayanannya, Tiko dalam pernyataannya menyebut bahwa semua layanan kesehatan bisa diintegrasikan dalam satu layanan berupa super apps, yang secara berkelanjutan bisa mudah dimanfaatkan untuk peningkatan layanan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Untuk bisa membangun database digital, kita perlu BUMN yang mempunyai kekuatan dan Telkom ini bisa menjadi hub yang bisa membantu BUMN yang ingin berinovasi…” tutur Tiko yang mempertegas pernyataannya untuk menjadikan Telkom sebagai pusat dari semua BUMN di Indonesia yang ingin melakukan digitalisasi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article