Home
/
Telco

Telkom Bangkitkan Kembali UKM Terdampak Covid-19 Pakai Titip Jual

Telkom Bangkitkan Kembali UKM Terdampak Covid-19 Pakai Titip Jual

-

Siti Sarifah26 June 2020
Bagikan :

Uzone.id - Telkom mencatat ada sekira 60 persen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) hasil binaan Rumah Kreatif BUMN (RKB)  yang terkena dampak pandemi Covid-19. Kebanyakan karena aktivitas penjualan langsung (off-line) semakin menurun.

Untuk menaikkan penjualan kembali, Telkom langsung gerak cepat membuat sebuah program bernama Titip Jual. Strateginya, UKM tetap melakukan produksi dari rumah sedangkan RKB membantu mencarikan pembeli dengan cara mempublikasikan promosi secara masif melalui akun media sosial resmi RKB.

"Semua cabang RKB terlibat, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bahkan di beberapa daerah, fasilitator RKB juga membantu pengantaran produk UMKM ke pembeli," ujar M. Soegihardjito, Deputy Executive Vice President Divisi Business Service Telkom, dalam keterangannya, Jumat, 26 Juni 2020.

Menurut Soegihardjito, RKB Palu merupakan salah satu RKB yang paling berhasil menjalankan program ini. 2 UKM binaan RKB Palu berhasil meningkatkan penjualannya sebesar 90 persen hingga bulan Juni. Yang tak kalah menarik adalah pelaksanaan program ini di daerah 3T (Terluar, Terdepan, dan Teringgal), penjualan produk UMKM meningkat lebih pesat, yaitu sebesar 28 persen. Namun terdapat perbedaan pada pengunaan platform, di mana e-commerce sama sekali tidak digunakan. Lokasi 3T lebih banyak menggunakaan Whatsapp dan Instagram, yaitu sebesar 37 persen dan 36 persen.

Sejak diluncurkan awal April 2020, Program Titip Jual tersebut berhasil meningkatkan penjualan produk UMKM Binaan sampai dengan 22 persen. Untuk mencapai hal tersebut, RKB sendiri memanfaatkan 4 platform digital, yaitu Whatsapp, Facebook, Instagram, dan e-commerce. Whatsapp menjadi platform yang paling sering digunakan, yaitu sebesar 36 persen, diikuti oleh Instagram dan Facebook yang sama kuat, sebesar 29 persen dan 28 persen.

Hingga saat ini, Telkom melalui RKB telah berhasil membina 14.429 yang sebelumnya masih menjalankan bisnis secara konvensional (Go Modern) naik kelas menjadi Go Digital sebanyak 9.272 UMKM. Khusus program Titip Jual ini, RKB Telkom telah membantu lebih dari 300 UMKM  binaan dan semakin meningkat setiap bulannya, di mana 72 persen di antaranya tergolong sebagai UMKM produksi makanan olahan, sisanya UMKM fashion dan kerajinan.

populerRelated Article