home ×
Telco

Telkom Hadir dengan Beragam Solusi New Normal untuk Indonesia

11 June 2020 By
Telkom Hadir dengan Beragam Solusi <i>New Normal</i> untuk Indonesia
Share
Share
Share

Uzone.id - Transformasi dan inovasi digital selama bahkan setelah pandemi COVID-19 adalah sebuah keniscayaan. Apalagi sebagian besar negara di dunia terkena wabah dan imbasnya. Menurut data dari WHO, Johns Hopkins dan sejumlah jurnal ilmiah lainnya. Hingga 8 Juni 2020 saja, ada 215 negara yang terpapar virus Covid-19 dengan jumlah kasus 7.115.283.

Saat ini tentu saja jumlahnya semakin membesar baik dari jumlah yang orang, negara hingga kematian karena virus Covid-19 ini. Salah satu hal yang berdampak besar dari pandemi Covid-19 ini, hampir semua negara perekonomiannya terguncang. Bahkan Indonesia saja, menurut perkiraan, karena krisis ini jumlah pertumbuhannya hanya 1.3% dari target 5.3%.

Kelas online ‘60MenitYangProduktif’ digelar UMeetMe dengan menghadirkan sejumlah pemateri yang memberikan manfaat bagi penggunanya. Salah satunya tentu saja, Direktur Digital Business Telkom, Dr. Faizal R. Djoemadi, yang memberikan materi dengan soal "Kelas Industri Digital'.

Aplikasi video conferencing karya anak bangsa ini mampu memfasilitasi interaksi audio visual yang dilakukan oleh dua orang atau lebih sehingga bisa digunakan untuk menggelar kelas online dengan konten yang beragam, guna menangkap segmen yang berbeda.

Selama pandemi ini pula, Faizal melihat ada empat perubahan besar atau megashift dari konsumen, yakni Stay at Home Lifestyle, Bottom of The Pyramid, Go Virtual dan Emphatic Society. “Gaya hidup baru tinggal di rumah dengan segala aktivitas mulai berkerja, hidup, dan bermain karena penerapan social distancing,” kata Faizal.

Faizal juga menjelaskan, konsumen kini bergeser dari kebutuhannya dari puncak piramida yaitu akutalisasi diri ke dasar piramida yaitu makan, kesehatan, dan keamanan. “Go Virtual juga tak bisa dihindarkan untuk menghindari kontak fisik manusia, mereka pun beralih menggunakan media virtual dan digital,” tegasnya. Terakhir, banyaknya korban nyawa akibat virus ini semakin melahirkan masayarakat baru yang penuh empati, welas asih, sarat solidaritas sosial dan lebih relijius.

Di industri pun juga berubah, Faizal memperkirakan banyak perusahaan di sejumlah negara akan mulai menambahkan pengeluaran untuk jenis-jenis yang mendukung bekerja di era New Normal. “Perubahan konsumen dan perusahaan akan lebih banyak untuk layanan cloud sebesar 10%, IoT naik antara 10-20%, Data Analytic naik 10%, Robotic naik 10%, Keamanan 10-20% dan Managed service naik 10%,” ungkapnya.

Dengan data tersebut, Faizal memperkirakan selama Covid-19 ini ekonomi dan masa depan akan berubah menjadi lebih digital. Sehingga, ini saatnya untuk berubah. Perubahan untuk mengakselerasi kebutuhan konsumen dalam mengadopsi digital, telecommuting kini adalah new normal.

Telkom pun juga siap untuk menghadapi era New Normal dengan menyediakan layanan utama berprinsip, Digitization, Digitalization dan New Ways of Working. “Digitization itu seperti proses automation, transform back-end function dan digital touch point customer interface,” ungkapnya.

Sementara Digitalization jelas berpilar pada digital connectivity, digital platform dan digital service. Ini pun sejalan dengan cara New Ways of Working yang mengedepankan talent dan pemimpin berbasis digital di masa depan. “Membangun kultur dan inovasi digital pun sangat penting. Termasuk membuat flexible organisasi,” tutur Faizal.

Beberapa produk yang sudah dikerjakan oleh Telkom dan akan didorong di era baru ini B2B Commerce Solution, Telehealth melalui Apps Telemedika, dan ChatAja Messenger dan lain sebagainya. Untuk kebutuhan bekerja dari rumah atau Work From Home, Telkom Indonesia juga menyediakan aplikasi cloud video conference, UMeetMe. Aplikasi ini dikembangkan dengan fitur yang memudahkan kebutuhan cara rapat orang Indonesia.

Layanan UMeetMe ini bisa diakses secara gratis dengan mengakses umeetme.id dengan kapasitas sebanyak 30 orang. Namun dapat ditingkatkan hingga 800 orang dengan versi khusus dan private cloud. UMeetMe tersedia dan dapat diakses melalui PC, tablet, mobile browser, live streaming di YouTube, IndiHome, IndiBox dan UseeTVGo+. Untuk menjamin keamanan pun, semua server, connectivity dan data center ditaruh di Indonesia.

Sekadar informasi, selama bulan Juni 2020, UMeetMe akan menggelar 8 kali kelas online dengan tema yang berbeda-beda dengan jadwal dan tema sebagai berikut:

5 Juni : Kelas Health, Dr. Jaka Pradipta, Dokter Spesialis Pulmonologi dan Respirasi

9 Juni: Kelas Industri Digital, Dr. Faizal R. Djoemadi, Chief of Digital Innovation Officer, PT Telkom

12 Juni: Kelas Masak, Chef Citra, Celebrity Chef

16 Juni: Kelas Financial, Julius Andrea, Financial Senior Advisor, Jouska

19 Juni : Kelas Parenting, Caca Tengker, Parenting

23 Juni: Kelas Meditasi, Aprishi Allita, Instruktur Yoga dan Meditasi

26 Juni: Kelas HIIT, Vanessa Budihardja, Sport Enthusiast (HIIT)

30 Juni: Kelas Entrepreneur, Yasa Singgih, Wirausaha, Mens Republic

Untuk info lebih lengkap mulai dari informasi kelas online dan cara menggunakannya, kunjungi saja ke situs resmi UMeetMe, di hello.umeetme.id

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id