Telkom Punya mySooltan, Aplikasi untuk UMKM di Satu Pintu
Ilustrasi (Foto: Unsplash)
Uzone.id - Komitmen Telkom untuk memanjakan dan membantu UMKM Go Online tidak diragukan lagi. Begitu banyak aplikasi yang didedikasikan Telkom untuk para UMKM agar bisa dengan mudah bertansformasi mengikuti arus teknologi. Semua aplikasi tersebut kini tersedia di satu pintu, mySooltan.Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara menjelaskan bahwa aplikasi ini dilengkapi infrastruktur digital yang dapat membuka peluang baru, memberikan ide kreativitas, dan memperkuat jaringan bisnis UMKM melalui kemitraan dengan masyarakat. Banyak solusi digital di mySooltan yang dapat membantu UMKM untuk tetap survive selama pandemi dan di era kenormalan baru, seperti solusi connectivity (sooltanNet), point of sales (Bonum), manajemen toko digital (Sakoo) dan aplikasi pembayaran melalui uang elektronik (Qren).
"Ini merupakan bukti komitmen Telkom dalam mendukung upaya pelaku UMKM selaku tulang punggung perekonomian nasional untuk melakukan migrasi bisnis ke arah digital," kata Edi, dalam keterangannya, Senin, 20 September 2021.
Baca juga: Gangguan Indihome Telkom Berangsur Normal
Ia menjelaskan jika aplikasi mySooltan adalah platform single digital touch untuk UMKM agar bisa melakukan migrasi bisnis dari model luring ke daring (go online) secara mudah. Melalui mySooltan, UMKM bisa mendapat berbagai manfaat untuk mengembangkan bisnisnya, mengatur perputaran roda usaha, serta memperluas pemasaran produk dan/atau jasa yang ditawarkan.
Pelaku UMKM dapat memanfaatkan mySooltan untuk memperkuat bisnisnya secara digital melalui berbagai fitur seperti pengaturan harga modal dan jual barang/jasa, stok produk, manajemen pegawai, manajemen konsumen, mengimplementasikan penggunaan sistem pembayaran berbasis uang elektronik, hingga membuat dan mencetak resi secara instan. Melalui berbagai fitur di dalamnya, mySooltan menjadi solusi bagi UMKM di Indonesia agar bisa melakukan proses onboarding secara cepat dan mudah.
Dukungan Telkom untuk digitalisasi UMKM tidak sebatas melalui pembuatan aplikasi seperti mySooltan. Edi memastikan, selama ini Telkom juga telah rutin melakukan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM agar bisa memperluas jaringan pasar, akses modal, dan mengerti serta memahami penggunaan teknologi digital demi pertumbuhan usaha ke depannya.
BACA JUGA: Hingga September 2021, Kominfo Hapus 24.531 Konten Negatif
Salah satu wujud keberhasilan Telkom mendampingi UMKM untuk go online tercermin dari kisah sukses UMKM Pondok Tekstil Kreasindo yang berada di Bandung, Jawa Barat. UMKM binaan Telkom sejak 2011 ini merupakan salah satu pelaku usaha yang telah berhasil melakukan digitalisasi bisnis, sehingga dapat memperluas pemasaran produk dan bertahan selama pandemi berlangsung.
Digitalisasi usaha yang dilakukan Pondok Tekstil Kreasindo membuat usaha ini akhirnya dapat mengikuti sejumlah festival UMKM skala internasional sejak mulai dibina Telkom 10 tahun silam. Selain itu, UMKM Pondok Tekstil Kreasindo juga kini mampu memperluas pasar domestiknya melalui keikutsertaan dalam platform PaDi UMKM. Perkembangan usaha dan keberhasilan digitalisasi yang dilakukan Pondok Tekstil Kreasindo membuat Telkom memberikan apresiasi kepada UMKM ini.