Home
/
Telco

Telkomsel Bisa Bantu Gojek Penetrasi Pengiriman Hingga Pelosok Indonesia

Telkomsel Bisa Bantu Gojek Penetrasi Pengiriman Hingga Pelosok Indonesia
Birgitta Ajeng08 December 2020
Bagikan :

Ilustrasi. (Foto: Dok. Telkomsel)

Uzone.id - Ada beberapa inovasi yang bisa dikolaborasikan antara Telkomsel dan Gojek di masa yang akan datang. Tentu saja ini akan tidak hanya menguntungkan bagi kedua perusahaan, namun kedua pelanggan yang dikenal luas tersebut.

Ketua Program Studi Magister Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB), Ian Joseph Matheus Edward memiliki beberapa prediksi inovasi yang bakal muncul dan menjadi lifestyle masyarakat Indonesia.

“Kalau ada penggabungan dari keduanya, pasti menjadi inovasi. Ada di bidang marketing. Contoh, layanan di Gojek, selama ini tidak ada jualan pulsa, sekarang bisa jadi ada jualan pulsa,” ujar Ian dalam wawancara via telepon, beberapa waktu lalu.

Jualan pulsa memang sudah tersedia di aplikasi Gojek. Pembelian pulsa pun juga sudah tersedia dengan metode layanan memanfaatkan uang elektronik, Gopay. Tentu saja nantinya, penetrasi penjualan pulsa akan semakin meningkat dengan berbagai cara yang menarik.

Baca juga: Inovasi yang Diprediksi Akan Hadir Berkat Kolaborasi Telkomsel dan Gojek

“Satu lagi, kekuatan Telkomsel itu sampai ke pelosok Indonesia, Gojek masih belum. Nah, sebenarnya kehadiran Telkomsel tadi, dia bisa juga menyewakan tempat-tempat, Gojek bayar, ada sewa-menyewanya. Jadi di mana ada Telkomsel di situ ada Gojek,” ujar Ian.

Penyewaan tempat yang dimaksud bertujuan untuk membangun inovasi di bidang supply chain.

Ia menjelaskan, “Bagaimana dia bisa mengirim barang sekarang itu lokal, seluruh Indonesia, dan sampai ke luar negeri. Kalau sekarang kan agak susah, beli di e-commerce lokal kirim ke luar negeri tidak mungkin.”

Baca juga: Industri Telekomunikasi Sambut Positif Langkah Telkomsel Investasi ke Gojek

“Harusnya dengan adanya Telkomsel sebagai pemain global, bagaimana sampai ada inovasi beli barang Indonesia dan bisa dikirim ke luar negeri. Jadi bukan AliExpress saja, atau Alibaba, Indonesia seharusnya mampu juga,” tambahnya.

Sementara itu, Ian memprediksi inovasi yang paling cepat akan hadir dari keduanya adalah terkait penjualan pulsa.

Marketing yang tadi, jualan pulsa sama kalau bisa orang melihat Gojek itu identic dengan Telkomsel. Itu yang paling dekat,” tutur Ian.

Ia pun berpendapat, ke depan, Telkomsel akan dipandang sebagai perusahaan yang bertransformasi menjadi operator penyedia layanan digital berbasis seluler.

“Jadi kalau dulu kan seluler, data, voice, sekarang namanya digital, bisa menonton video, bisa juga pesan makanan, pesan lainnya juga, tapi semua layanan digital berbasis selular. Lebih luas sebenarnya,” ungkapnya.

VIDEO: Hands On Xiaomi Mi 10 Ultra

populerRelated Article