home ×
Telco

Telkomsel CloudX, Platform Lokal Andalan Pemerintah Gantikan Zoom

23 April 2020 By
Telkomsel CloudX, Platform Lokal Andalan Pemerintah Gantikan Zoom
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Presiden Jokowi terlihat sedang berbincang di depan layar monitor di ruang kerjanya. Di layar tersebut, tampil puluhan wajah menteri kabinetnya. Ya, Jokowi menggelar rapat terbatas secara online dengan melakukan aplikasi live conference.

Dikonfirmasi oleh Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, Presiden Jokowi telah mengandalkan aplikasi dari perusahaannya yang dinamakan CloudX. Aplikasi tersebut, dikatakannya memang memiliki fungsi yang canggih seperti ZOom namun keamanannya sudah terjamin.

"Pak Jokowi memanag ingin menggunakan produk dalam negeri dan yang lebih aman. Nah, Alhamdulillah, ratas kemarin Presiden sudah menggunakan CloudX," ujar pria yang akrab disapa Anto itu.

Dalam ratas tersebut memang terlihat Jokowi melibatkan sekira 48 peserta, termasuk Wakil Presiden dan Sekretariat Kabinet. Namun pada kenyataannya, CloudX bisa menampung sampai sekira 1000 peserta.

"Tim kami sudah mencobanya dan bisa sampai 1000 peserta," ujarnya menegaskan.

Sayangnya, sampai saat ini, CloudX masih belum bisa dinikmati oleh individu. Layanan tersebut masih terbatas pada penggunaan kalangan perusahaan atau pelanggan korporasi. Namun karena minat terhadap platform live conference ini cukup tinggi, Telkomsel mengatakan akan membuka kemungkinana layanan ini bisa dinikmati secara massal.

Sebelumnya, dalam rapat kerja virtual Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Komisi I DPR RI pada awal April lalu, Menteri Kominfo Johnny G Plate sempat ditegur untuk menciptakan aplikasi pesaing Zoom yang lebih aman untuk ketahanan negara RI.

Menanggapi hal ini, Kominfo menyebut jika operator seluler Telkomsel telah mengembangkan aplikasi serupa. Meski tidak menyebutkan aplikasi yang dimaksud, namun banyak yang yakin jika itu adalah CloudX.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id