icon-category Telco

Telkomsel Gelar 5G Experience Center di PIDI 4.0, Ada Robot Pintar!

  • 08 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Foto: dok. Telkomsel

    Uzone.id – Sebagai operator pertama yang menggelar jaringan 5G secara komersial di Indonesia, Telkomsel tampak selalu antusias memamerkan 5G experience di berbagai kesempatan, tak terkecuali saat peluncuran Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0).

    Berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Telkomsel turut menandatangani MoU dan memeriahkan peluncuran PIDI 4.0 ini dengan menghadirkan 5G Experience Center sebagai simbol dukungan roadmap Making Indonesia 4.0.

    Di dalam 5G Experience Center ini, Telkomsel menghadirkan beragam solusi digital yang meliputi virtual reality (VR) yang biasa dipakai untuk kebutuhan tur pabrik virtual, pelatihan digital, dan sparepart identification. Ada juga teknologi augmented reality (AR) untuk kebutuhan pemeliharaan dan kualitas, SOP digital, hingga parameter data dan dokumen real-time.

    Baca juga: Semeru Meletus, Telkomsel Pastikan SMS dan Internetan Tetap Jalan

    Tak lupa kehadiran robot otonom atau Smart AGV untuk kebutuhan simulasi penanganan proses material secara rutin di production shop floor dan Robot Patrol yang bertugas menjaga keamanan atau mengawasi lingkungan sekitar tanpa bantuan operator secara langsung, sehingga menghemat manpower.

    Foto: dok. Telkomsel

    Telkomsel juga membawa Digital Remote Assistance untuk kebutuhan bantuan ahli jarak jauh secara real-time dengan menggunakan smart glasses. Adapun deretan teknologi IoT yang terdiri dari IoT CyberSecurity & Smart Lock, IoT Mobility & Supply Chain untuk kebutuhan Fleet Management, Fleetsense driver behavior and fatigue analytical system, dan Control Tower and Order Management System.

    Foto: dok. Telkomsel

    Baca juga: Dunia Games Tantang 51 Ribu Gamer Rebut Rp1,1 Miliar

    “Sebagai bagian dari BUMN TelkomGroup, kami mendukung hadirnya PIDI 4.0 sebagai upaya mendorong perkembangan seluruh industri di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi tepat guna,” tutur Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel, Dharma Simorangkir dalam pernyataannya.

    Ia melanjutkan, “melalui showcase 5G ini, Telkomsel juga berupaya mendukung visi PIDI 4.0 untuk menjadi jendela Indonesia 4.0 bagi dunia serta menjadi wujud dukungan kami kepada pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai salah satu unsur perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030 melalui percepatan transformasi Industri 4.0.”

    Selain teknologi digital dan jaringan yang apik di 5G Experience Center, Telkomsel juga menghadirkan Enterprise Mobility Solution yang meliputi aplikasi Video Conference Cloud X dan Touch To Talk. Ada juga solusi untuk segmen UKM 99% Usahaku, serta solusi untuk sektor games yang meliputi cloud gaming, games publishing, dan platform DuniaGames.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini