home ×
Telco

Telkomsel Ngebet Ingin yang Pertama Gelar 5G di Indonesia

18 December 2019 By
Telkomsel Ngebet Ingin yang Pertama Gelar 5G di Indonesia
Share
Share
Share
Share

Telkomsel ambisi 5G pertam di Indonesia (Dok.Telkosmel)

Uzone.id - Sukses melakukan uji coba saat gelaran Asian Games 2018, disusul kemudian di Batam beberapa waktu lalu, membuat Telkomsel berambisi menjadi operator pertama yang menggelar 5G di Indonesia.

"Kami ingin menjadi yang pertama menerapkan 5G di Indonesia. Itu sesuai mandat Kominfo, kita melakukan uji coba 5G di Batam," ujar Christian Guna Gustina, General Manager Network Stratagic Roadmap. , saat Media Update, di Jakarta, di kantor Telkomsel.

Dia juga menambahkan bahwa spektrum untuk 5G ideal berada di 3,5ghz dan 2,6ghz. Walaupun untuk menggunakan di frekuensi 3,5 Ghz agak tipis karena sudah dipakai oleh operator satelit.

Baca juga: Siapa Butuh 5G di Indonesia?

Namun demikian dia menambahkan, sebetulnya dimana saja frekuensi untuk 5G itu bisa di atas atau bawah, sesuai dengan kebutuhan. Misal, konsumen membutuhkan kecepatan maka frekuensi di atas, sedangkan industri di frekuensi rendah karena keperluan latency yang real time.

“Seperti 4G saja, kita awalnya pakai di 1.8 Ghz, namun kenyataanya sekarang juga pakai di 900 Mhz, bahkan sekarang 2.1 Ghz juga bisa pakai,” tambah dia.

Baca juga: Seberapa Cepat Hasil Uji Coba 5G di Batam

Namun Christian lebih suka bila kebutuhan 5G ini untuk sektor industri. Sebab, kebutuhan di industri jauh lebih besar dari sisi speed dan latency.

Dia mengambil contoh untuk kecepatan internet 100 Mbps untuk 1 user itu tidak mungkin pakai teknologi 4G, apalagi sifatnya yang masif.

"Strateginya, 5G ini untuk tahap awal tidak akan kita deploy banyak, tapi berdasarkan pesanan atau kebutuhan. Kalau ada request dari industrinya, kita bikin. Jadi, pendekatannya sangat berbeda dengan 3G atau 4G yang bisa langsung ditawarkan kepada konsumen. Jadi lebih ke B2B,” tandasnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id