icon-category Digilife

Telkomsel-ITB Bikin Lab 5G Hive buat Kembangkan AI dan Smart City

  • 20 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Satu lagi kolaborasi yang dilakukan Telkomsel bersama sektor akademik untuk memperkuat ekosistem pendidikan dan ekonomi digital. Kali ini, Telkomsel menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) menghadirkan laboratorium riset teknologi 5G Hive.

Kolaborasi ini akan fokus pada pengembangan ekosistem 5G dengan berbagai pemanfaatan use case 5G di tingkat lanjutan, seperti Internet of Things (IoT), artificial intelligence (AI), dan smart city.

Sebagai bagian dari inisiatif ESG (Environment, Social, Governance), kolaborasi Telkomsel dan ITB ini diharapkan memelopori pertumbuhan pemanfaatan teknologi 5G yang dapat diakses oleh semua masyarakat Indonesia secara berkelanjutan.

Secara rinci, dampak strategis yang berpotensi dihasilkan dari laboratorium 5G Hive ini dapat mencakup sejumlah area, berikut beberapa di antaranya:

Optimasi Jaringan 5G: meningkatkan kinerja jaringan dalam menunjang efisiensi dan kecepatan akses internet agar meningkatkan pelayanan lebih baik kepada masyarakat

Inovasi B2B

  • Drone Application: mengembangkan aplikasi drone untuk keperluan industri
  • Smart Video Analytic: riset di bidang analisis video canggih untuk keamanan dan manajemen data untuk meningkatkan kapasitas Telkomsel dalam menyediakan solusi berbasis AI
  • Pengembangan IoT: mengeksplorasi teknologi IoT untuk berbagai aplikasi bagi smart home hingga solusi industri yang mengintegrasikan teknologi cerdas
  • Potensi ESG: melakukan penelitian fokus pada aspek ESG guna memperkuat komitmen Telkomsel dalam praktik bisnis berkelanjutan
  • Inovasi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

alt-img

“Inisiatif kolaborasi strategis ini selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk bersama-sama menciptakan terobosan sekaligus menjadi pionir inovasi 5G yang mendorong Indonesia memasuki era baru kemajuan teknologi di kancah global,” ungkap Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id.

Ia melanjutkan, “kami berharap kolaborasi yang merupakan bagian dari implementasi prinsip ESG ini dapat menjadikan 5G Hive sebagai pusat inovasi yang mampu mengembangkan dan mempersiapkan talenta digital yang siap bersaing di kancah global, menciptakan peluang industri baru dan kesempatan kerja yang berkontribusi signifikan terhadap PDB nasional, menarik perhatian dan investasi internasional, serta menjadi proliferasi solusi berbasis 5G di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, dan transportasi, yang secara nyata dapat meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia.”

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Institut Teknologi Bandung, Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D. mengapresiasi inisiatif Telkomsel dalam menghadirkan pusat riset teknologi 5G Hive ini.

“Melalui kolaborasi ini, kami bersama-sama menyatukan visi untuk merancang struktur masa depan digital Indonesia melalui pemanfaatan teknologi 5G sebagai gerbang menuju inovasi dengan mengoptimalkan aset dan kapabilitas infrastruktur teknologi yang dimiliki Telkomsel dan keunggulan akademik ITB melalui penggabungan sumber daya termasuk pusat penelitian, keahlian SDM yang dimiliki masing-masing institusi, untuk memaksimalkan potensi inovasi 5G yang dapat mendorong kemajuan teknologi bangsa,” tutup I Gede.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini