home ×
Telco

Telkomsel Pastikan Data Pelanggan Aman

13 July 2020 By
Telkomsel Pastikan Data Pelanggan Aman
Share
Share
Share

Suasana konferensi pers (Foto: Susetyo/Uzone.id)

Uzone.id - Telkomsel memastikan data pelanggannya tidak ada yang bocor dan aman. Hal ini terkait tudingan salah satu pelanggan Telkomsel, Denny Siregar beberapa waktu lalu.

CEO Telkomsel Setyanto Hantoro menjamin sistem keamanan data pelanggan yang tersimpan dalam sistem Telkomsel tetap aman dan terjaga kerahasiaannya.

“Telkomsel secara konsisten telah menjalankan operasional sistem perlidungan dan keamanan data pelanggan dengan prosedur standar operasional tersertifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di industri telekomunikasi di Indonesia,” tegas Setyanto, saat konferensi pers, di Gedung Telkomsel Smart Office, Senin (13/7).

Baca juga: Pembocor Data Denny Siregar Ditangkap, Ternyata Karyawan Outsourcing

Ditambahkan oleh Setyanto, terkait kewenangan akses data pelanggan dalam operasional pelayanan di berbagai pusat layanan pelanggan Telkomsel, seperti GraPARI, Call Center, maupun yang berbasis digital dan virtual lainnya, dapat dijelaskan bahwa petugas customer service yang telah ditunjuk untuk melayani pelanggan secara langsung memang memiliki akses terhadap sejumlah sistem data pelanggan secara terbatas.

“Sesuai otoritas dan kebutuhan yang telah ditentukan, dengan tetap memiliki fungsi kontrol serta pengawasan sehinga semua aktifitas tetap terpantau dengan ketat. Kewenangan akses terhadap data pelanggan oleh petugas customer service juga diperuntukan untuk membantu proses keamanan validasi dalam fungsi melindungi pelanggan dan pemenuhan layanan kepada pelanggan,” tambahnya.

Agar tidak terulang lagi, sebagai wujud keseriusan Telkomsel dalam menjamin keamanan data pelanggan, pihak operator telah melakukan evaluasi dan mengambil tindakan tegas sesuai aturan internal perusahaan melalui penerapan sanksi sesuai ketentuan baik secara administrasi hingga tindak lanjut proses hukum.

Baca juga: Pakar Digital Forensik Ragukan Data Denny Siregar dari Server Operator

“Telkomsel akan terus melakukan penyempurnaan dan perbaikan serta pengembangan sistem operasional kerja secara menyeluruh mulai dari sistem perlindungan dan keamanan data pelanggan dengan menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada,” tambahnya.

Dia juga memastikan Telkomsel pengetatan prosedur kewenangan akses ke seluruh sistem operasional dan pemilihan petugas layanan yang lebih berkualitas, baik secara kompetensi maupun perilaku dan integritas sumber daya manusianya.

Secara khusus, Telkomsel juga menghormati dan mengapresiasi kepedulian pelanggan dalam memastikan perlindungan dan keamanan data pribadi yang tersimpan di sistem layanan mereka.

“Telkomsel turut mengajak seluruh pihak yang terkait, terutama masyarakat dan pelanggan setia Telkomsel, untuk terus berperan aktif dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, terutama saat melakukan transaksi layanan kepada pihak manapun,” cetusnya.

Selain itu, Telkomsel mengapresiasi respon dan tindak cepat dari aparat penegak hukum, khususnya oleh Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri atas laporan yang telah diajukan Telkomsel, dan mempercayakan tindak lanjut berikutnya kepada proses hukum yang sedang berjalan.

“Telkomsel siap untuk terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum guna kelancaran penyidikan dan penuntasan kasus secara terbuka, menyeluruh dan tuntas,” tandasnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

5 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Aditya Yoga Saputra 19 July 2020 | 00:05:51

trobosan apa lagi yang dibuat idihome yah

Jaso Jhonson 17 July 2020 | 15:47:19

harus tetap aman data pelanggan karena pelanggan adalah yg utama

Meri 14 July 2020 | 10:28:45

semoga bener aman nih tapi telkomsel emang sinyalnya top

Krisna Agistian Harianto 13 July 2020 | 17:40:12

wau ini menarik sekali aku ingin membaca aryikel ini makasih

oki puntoro 13 July 2020 | 17:10:59

bener nih gak ada datanya yang bocor

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id