home ×
Telco

Telkomsel Selimuti Wisma Atlet Kemayoran yang Jadi RS Darurat Covid-19

22 March 2020 By
Telkomsel Selimuti Wisma Atlet Kemayoran yang Jadi RS Darurat Covid-19
Uzone

(Foto: Kementerian BUMN) 

Uzone.id - Wisma Alet Kemayoran resmi menjadi rumah sakit darurat penanganan Covid-19 dan akan beroperasi mulai besok, Senin, 23 Maret 2020. Telkomsel pun sudah didapuk untuk mempersiapkan jaringan telekomunikasi di RS darurat tersebut.

Wisma Atlet Asian Games Kemayoran di Jakarta Utara yang dalam empat hari terakhir disulap menjadi rumah sakit ini adalah hasil kerjasama berbagai pihak, termasuk swasta.

“BUMN akan mensuplai kebutuhan-kebutuhan RS Darurat Penanganan Covid-19 ini, baik peralatan kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri dan masker. Selain itu, untuk kebutuhan komunikasi, kami juga sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi hingga 500 MB," ujar Menteri BUMN Erick Thohir, dalam keterangannya, Minggu, 22 Maret 2020.

Sejatinya ada 3 lokasi RS darurat khusus untuk penanganan pasien pandemi COVID-19 yang akan diselimuti oleh jaringan Telkomsel. Tak hanya Wisma Atlet tapi juga yaitu Hotel Patra Comfort Jakarta, dan Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta.

Baca juga: Lonjakan Trafik Data Telkomsel Saat Warga Work From Home

"Telkomsel telah melakukan pengecekan langsung di tiga lokasi tersebut. Sejumlah upaya peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang telah dilakukan Telkomsel antara lain melakukan optimalisasi pemanfaatan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz yang tersedia di seluruh BTS, yang selama ini sudah menjangkau cakupan ketersediaan jaringan broadband di tiga lokasi tersebut," ujar Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, dalam keterangan resminya di hari yang sama.

WhatsApp Image 2020-03-22 at 13.37.37

Telkomsel, kata dia, juga melakukan penambahan kapasitas jaringan broadband 3G dan 4G dari sejumlah BTS Easy Makro sekitar yang selama ini menjangkau ketiga lokasi tersebut, guna memperkuat kualitas jaringan broadband secara menyeluruh. Selain itu, khusus di lokasi Wisma Atlet Kemayoran, telah dilakukan penambahan infrastruktur jaringan dengan pengoperasian 1 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) berteknologi 4G dengan pemanfaatan spektrum 1800 dan 2300 MHz.

"Diharapkan upaya peningkatan kapasitas dan kualitas infrastruktur jaringan ini dapat menjangkau kebutuhan aktivitas komunikasi di tower 1, 3, 4, 5, 6, dan 7 Wisma Atlet Kemayoran secara keseluruhan," kata Setyanto.

Baca juga: Indihome Buka Semua Channel UseeTV sampai 25 Maret

Seluruh aktivitas pengamanan jaringan di tiga lokasi tersebut kini telah selesai dilakukan dan siap dimanfaatkan oleh seluruh pihak, terutama para petugas kesehatan, pasien serta para pemangku kepentingan lainnya. Telkomsel terus berkomitmen untuk senantiasa menyediakan layanan berkualitas guna menjamin kenyamanan berkomunikasi pelanggan.

RS Darurat Covid-19

Pada saat pelaksanaannya, RS Penanganan Darurat Covid-19 ini, akan dibagi dalam 3 zona :

Zona Hijau adalah Tower 1, akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Hanya orang yang berkepentingan yang bisa memasuki daerah ini.

Zone Kuning adalah Tower 3, akan diisi oleh Dokter, Perawat dan Petugas Paramedis lainnya.

Zone Merah adalah Tower 6-7, adalah RS Darurat Penanganan Covid-19. Hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang bisa masuk ke zona ini selain pasien.

Dokter-dokter yang akan bekerja di tempat-tempat ini merupkanan gabungan dokter dari berbagai instansi, dari Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, BUMN dan lain-lain.

“Percayalah, kalau kita semua mau bersatu, in sya Allah apapun bisa kita lalui dengan baik. Saya apresiasi setinggi-tingginya semua pihak yang sudah bergerak cepat membantu Pemerintah untuk mewujudkan RS Darurat ini. Semoga upaya kita semua ini diridhoi Yang Maha Kuasa dan dapat menekan lajunya pandemi Covid-19 di Indonesia. In sya Allah selalu ada jalan,” tutup Erick Thohir.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article