home ×
Telco

Telkomsel Siap ‘Sulap’ Gorontalo Jadi Smart City

30 October 2019 By
Telkomsel Siap ‘Sulap’ Gorontalo Jadi Smart City
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi/dok. Telkomsel)

Uzone.id -- Telkomsel semakin melebarkan kontribusinya dalam penerapan konsep kota pintar alias smart city di ragam daerah di Indonesia. Kali ini giliran Gorontalo.

Merangkul Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Gorontalo seperti Bupati dari Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara, Telkomsel siap bersinergi mengembangkan konsep smart city menggunakan beberapa solusi telekomunikasi berbasis digital. 

Telkomsel akan menghadirkan sejumlah solusi, di antaranya fleet management dengan produk FleetSight yang dikembangkan secara mandiri. Bagi yang belum tahu, FleetSight adalah layanan solusi berbasis Internet of Things (IoT) yang ada di dalam unit bisnis Telkomsel Enterprise.

Baca juga: Rangkul Telkomsel, Armada Kereta Api Kecipratan Internet of Things

Jadi, melalui FleetSight ini, operator dapat mengendalikan kendaraan operasional dengan menyambungkan perangkat telematika berbasis satelit yang dipasang pada kendaraan. Dengan kata lain, cara kerjanya akan lebih terotomisasi dengan adanya kendali secara terpusat.

(Proses penandatanganan MoU Telkomsel dengan Pemda Gorontalo/Foto: dok. Telkomsel)

Selain itu, Gorontalo juga akan kedapatan solusi smart tax dan platform pelaporan masyarakat. Hal ini bertujuan agar para Pemda Gorontalo dapat bertugas lebih efisien dan transparan saat menjalankan operasional pemerintahan. Tentunya hal ini dapat menunjang kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Baca juga: Target 20 Ribu, Telkomsel Malah Sudah Bangun 22 Ribu BTS 4G

“Kolaborasi ini menjadi bentuk komitmen Telkomsel untuk dapat aktif berperan serta membantu pemerintah dalam mengakselerasi negeri melalui sinergi bersama institusi pembangunan daerah, sekaligus mewujudkan pembangunan nasional dengan pemanfaatan tepat guna. Semoga kolaborasi ini dapat menginspirasi daerah lain untuk bisa menerapkan teknologi digital dalam mewujudkan visi Digital Nation dari pemerintah,” ungkap VP Small Medium Enterprise Management Telkomsel Seow Chuen Yong Nicholas dalam pernyataan resminya yang diterima Uzone.id.

Telkomsel diketahui memang gencar mendukung berbagai kota di Indonesia untuk menerapkan konsep smart city. Sebelumnya Telkomsel juga bekerja sama dengan pemerintah Sumedang hingga Bukittinggi untuk ‘menyulapnya’ jadi kota pintar.

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article