home ×
Technology

Telkomsel Uji Jaringan Sambut Ramadan & Mudik, Begini Hasilnya

01 May 2019 By
Telkomsel Uji Jaringan Sambut Ramadan & Mudik, Begini Hasilnya
Share
Share
Share
Share

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah (Uzone.id)

Uzone.id - Ramadan yang semakin dekat, berarti seluruh operator harus bersiap untuk menghadapi peningkatan jaringan komunikasi. Hal ini termasuk Telkomsel yang sudah memastikan jaringannya siap.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan bahwa periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2019 siap meningkatkan jaringan di titik-titik strategis di jalur mudik dan pusat keramaian publik.

Tidak hanya itu, Telkomsel juga telah melakukan uji jaringan di titik pusat yang biasa menjadi keramaian warga di bulan suci dan jalur-jalur yang biasa dilalui pemudik.

“Kami sejak jauh-jauh hari menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan,” ujar Ririek, kepada sejumlah wartawan di Bali.

Hal senada dan teknis juga disampaikan oleh Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan di tempat sama. Mudik kali ini, untuk pertama kalinya, Trans Jawa akan tersambung dari Bakauheni hingga Probolinggo.

“Kita sudah memastikan seluruh jaringan seamless dari Selat Sunda, trans Jawa, jalur Utara dan Jalur Selatan ter-cover dengan baik,” ujar Bob.

Dari data yang dipaparkam saat uji jaringan di jalan utama Trans Jawa, hasilnya kecepatan internet rata-rata sebesar 10.58 Mbps, dengan kualitas sinyal istimewa 77,65%, baik sekali mencapai 16.12%, dan baik 4,62%.

Di jalur yang mencapai 2.385 KM ini uji call tingkat keberhasilannya mencapai 99.39% dan drop call hanya 0.61%.

Sementara pengujian menggunakan jalur kereta api baik di Utara dan Selatan, coverage Telkomsel mencapai 100%. Hasilnya, download speed rata-rata 4.86 Mbps, dengan kualitas sinyal istimewa 72.93%, baik sekali 18.03% dan baik 6.01%.

Uji call juga mencapai keberhasilan sangat baik sebesar 98.93% dan drop call sebesar 1.02%.

Sementara di jalur Trans Sumatera, uji jaringan menunjukan kecepatan internet mencapai rata-rata 10.98 Mbps, dengan kualitas sinyal, istimewa 77,65%, baik sekali 16,17% dan baik 4,62%.

Saat melakukan uji telepon pun, tingkat keberhasilan 98% dan drop call hanya 2%.

Artinya, secara keseluruhan untuk persiapan jaringan mudik dan antisipasi di bulan Suci Ramadan ini, Telkomsel sudah 100% dijamin kesiapannya.

Secara khusus, Telkomsel membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

“Kualitas jaringan merupakan prioritas utama kami dalam mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode RAFI.  Dengan mengimplementasikan 10.000 BTS 4G di seluruh pita frekuensi, kami menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima,” jelas Ririek.

Jajaran direktur Telkomsel (Dok.Telkomsel)

Di samping membangun puluhan ribu BTS 4G di seluruh pita frekuensi, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 10.000 BTS 4G, mengoperasikan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15% dari kapasitas existing menjadi 4.700 Gbps, menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Dari sisi produk dan layanan, Telkomsel berupaya menjaga ketersediaan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang biasanya meningkat pada periode RAFI. Telkomsel juga menggelar posko layanan di 557 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (point of interest), yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal.

Persiapan Telkomsel (Uzone.id)

Selain itu, seluruh kanal pelayanan existing Telkomsel juga bersiaga melayani pelanggan, di antaranya 425 GraPARI Telkomsel Siaga, 493 Mobile GraPARI yang terdiri dari 324 armada mobil dan 169 armada motor, 111 unit layanan digital self-service MyGraPARI, 831 kantor pelayanan mitra distributor, dan 3.779 Outlet Siaga.

Pelanggan dan masyarakat juga dapat memperoleh informasi produk, fitur, serta layanan Telkomsel dengan menghubungi Call Center 188 atau mengakses kanal digital Telkomsel, mulai dari website telkomsel.com, aplikasi myTelkomsel, layanan GraPARI Virtual (virtual assistance melalui LINE, Facebook Messenger, Telegram), e-mail cs@telkomsel.co.id, serta akun Facebook dan Twitter Telkomsel.

Di samping itu, bertepatan dengan hari ulang tahun pada 26 Mei, sebagai apresiasi kepada pelanggan Telkomsel mengadakan berbagai program spesial seperti Lucky Draw Anniversary & RAFI 2019.penukaran Telkomsel POIN dan aktivasi layanan berhadiah undian spesial, serta program mudik bareng ke 15 kota.

“Pelanggan juga dapat menikmati beragam layanan spesial RAFI berupa paket layanan data, suara, dan SMS; layanan digital lifestyle; LinkAja; digital advertising; serta mobile banking,” sambung Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi.






 


Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

449 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 26 October 2019 | 23:48:33

sambut puasa supaya jaringan tambah bagus

Code ERROR 404 15 October 2019 | 06:40:30

mantap sampai di tes dulu ya kalau disana

netti hasan 28 September 2019 | 13:02:05

dan hasilnya sangat bagus sekali ya

apri 26 August 2019 | 18:31:43

klo mau nge games pastinya harus pake telkomsel

Mardi Yana 16 July 2019 | 05:49:49

wah bavus donh jarongan nya ini mah yaa

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article