icon-category Telco

Telkomsel, XL, Indosat Kompak Hadirkan 5G Experience di MotoGP Mandalika

  • 25 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Sirkuit Mandalika (Foto: Istimewa)

    Uzone.id - Nonton MotoGP Mandalika 2022 bakalan makin seru nih gaes. Pasalnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menghadirkan 5G experience selama MotoGP Mandalika berlangung, selain terdapat layanan 4G.

    Layanan 5G itu jadi bagian dari dukungan sektor infrastruktur telekomunikasi dalam menyukseskan perhelatan MotoGP Mandalika 2022.

    “Pasti saat ini 4G akan menjadi tulang punggung komunikasi, tetapi kita juga menyiapkan untuk 5G experience. Di samping Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo pun sudah siap untuk 5G experience,” kata Johnny di Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022 lewat virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (21/01/2022).

    BACA JUGA: Harga Ponsel Lipat Perdana Google Bakal Lebih Murah dari Galaxy Fold3

    Adapun cakupan layanan baik 4G dan 5G tersedia di beberapa lokasi strategis, seperti berkumpulnya insan media, akomodasi, security, international airport dan venue sirkuit MotoGP Mandalika.

    “Di kawasan Mandalika kami siapkan dan kami akan jaga dengan baik. Juga disiapkan untuk Telkom milimeter wave untuk show case demo 5G spektrum tinggi 26 dan 28 GHz. Itupun kita siapkan untuk mereka menyiapkan 5G experience,” kata dia..

    Sedangkan untuk penyelenggara telekomunikasi XL Axiata juga akan show case 5G dengan teknologi fixed wireles access dan immersive extended reality berupa virtual racing.

    “Ada banyak nanti 5G yang ditempatkan di Mandalika untuk experience-nya memanfaatkan virtual reality itu bisa nanti disaksikan. Pada intinya kerjasama antara Kominfo dengan operator seluler maupun dengan operator fiber optic kita koordinasikan terus menerus,” jelas Menteri Johnny.

    Johnny bilang, akan ada 110 ribu pengunjung ke event MotoGP Mandalika 2022. Itu berarti traffic bandwidth-nya tinggi sehingga Kominfo harus menyiapkan bandwidth yang cukup agar speed upload dan download internet jadi lancar.

    Rata-rata penggunaan kapasitas internet paling rendah antara 2-3 Mbps. Saat ini, Kementerian Kominfo telah mengukur ketersediaan di wilayah Mandalika di atas 10 Mbps.

    “Tapi pada saat banyak orang datang pasti akan berpengaruh. Sehingga di saat perlombaan setiap orang butuh layanan internet, maka layanan ini akan kita jaga dengan baik sehingga 4G dan 5G kita siapkan di area masif,” paparnya.

    BACA JUGA: Bagi Penghamba Gaming, ASUS ROG Siap Rilis 12th Gen Intel Core H Series

    MotorGP Mandalika 2022 akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022. Bersama Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto akan melakukan uji coba pada 11-13 Februari 2022.

    Selain hunian untuk wisatawan, kebutuhan lain yang difasilitasi adalah kawasan camping ground, sarana transportasi ke tiga gili di Mandalika, penginapan di Pulau Bali dan akomodasi ke Labuan Bajo jika ada animo pengunjung.

    “Kemudian ada juga kapal Pelni yang ditempatkan di Mandalika, 300 homestay telah dibangun untuk mendukung Mandalika dan persiapan-persiapan lainnya. Kita harapkan persiapan yang matang di bawah komando Pak Hadi sampai saat ini semuanya berjalan dengan baik, mudah-mudahan tidak ada hambatan,” jelas Menteri Johnny.

    Kecepatan 5G 

    Mengutip Bisnis, Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Ridwan Effendi mengatakan bahwa teknologi 5G punya latensi 10 kali lipat lebih rendah dari 4G atau di bawah 1 milidetik, sehingga bisa mendukung sejumlah aktivitas jarak jauh seperti operasi jarak jauh, seperti kendaraan otomatis.

    Latensi adalah jeda waktu yang dibutuhkan dalam pengantaran data dari pengirim ke penerima atau perangkat. Makin tinggi jeda waktu maka semakin lambat respons yang diberikan penerima atas perintah yang dikirim.

    Ridwan juga mencontohkan aplikasi pengobatan jarak jauh, dokter bisa ikut mengawasi proses operasi pasien dari jarak jauh. Dokter butuh kondisi waktu nyata dan itu hanya dapat terwujud dengan bandwidth yang lebih lebar lewat 5G.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini