home ×
Digilife

Terkuak! Hacker Target 130 Akun Twitter, 45 Disusupi, 8 Akun Diambil Datanya

21 July 2020 By
Terkuak! Hacker Target 130 Akun Twitter, 45 Disusupi, 8 Akun Diambil Datanya
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Data baru tentang aksi hacker yang meretas sistem admin Twitter akhirnya terungkap. Diketahui hacker ternyata mengincar sekira 130 akun selebriti dan tokoh ternama untuk disusupi, namun hanya 45 yang berhasil mereka bobol.

Hal ini diungkap Twitter dalam keterangannya, dikutip dari Medianama.com pekan kemarin. Dari 130 akun yang ditarget itu, banyak nama selebriti dan tokoh ternama yang sudah mendapatkan centang biru. Namun hanya 45 akun yang berhasil mereka ambil alih.

"Sebanyak 45 akun telah berhasil diambil alih hacker. Mereka mengatur ulang kata sandi, masuk ke dalam akun, dan kemudian mengirimkan cuitan. Dari seluruh akun, ada sekitar delapan yang berhasil mereka curi data detilnya," ujar Twitter.

Baca juga: Peretasan Twitter Besar-besaran Mencerminkan Krisis Keamanan Global

Namun begitu, kata Twitter, delapan akun yang dicuri datanya bukanlah akun yang memiliki centang biru, alias bukan akun dari selebriti atau tokoh ternama seperti Elon Musk, Joe Biden, Bill Gates, ataupun Jeff Bezos.

"Mereka berhasil mengambil seluruh detail dari akun tersebut, kemudian mendownloadnya. Ini termasuk data arsip dan direct message (DM)," katanya.

Peretasan Twitter tersebut menyita perhatian banyak orang di seluruh dunia. Perusahaan global cybersecurity Kaspersky pun memandang, kasus itu menunjukkan fakta bahwa kita hidup di sebuah era di mana orang dengan keterampilan komputer pun dapat terpikat ke dalam perangkap scammers, dan bahkan akun yang paling aman dapat diretas.

Baca juga: Twitter Kena Hack Gara-gara Karyawan Lalai? Hacker Pakai Metode Social Engineering

“Sebagai estimasi kami, hanya dalam waktu dua jam setidaknya sudah sebanyak 367 pengguna melakukan transfer sekitar USD 120 ribu (sekitar Rp1,7 miliar) secara total kepada para aktor ancaman ini,” tulis Kaspersky dalam pernyataan resminya.

Keamanan siber merupakan salah satu prioritas utama dari semua platform media sosial guna mencegah sebanyak mungkin serangan setiap hari. Namun, situs web atau perangkat lunak tidak sepenuhnya kebal terhadap bug, juga sekali lagi tidak ada faktor manusia yang kebal terhadap kesalahan.

Twitter pun mengakui kelalaian mereka. Bahkan mereka mengaku malu dan kecewa, serta menyampaikan permintaan maafnya.

"Kami malu, kami kecewa. Dan lebih dari apapun, kami meminta maaf," ujar Twitter yang akan bekerja sama dengan penegak hukum untuk mengidentifikasi peretas yang telah mengacak-acak sistem admin mereka.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Syaiful Anwar 22 July 2020 | 08:13:53

mantep banget kuyy 👍👍👍

oki puntoro 22 July 2020 | 06:56:17

terkuat hacker target 130 akun twitter

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article