home ×
News

Ternyata Ada Spesies Dinosaurus Bernama Thanos

27 November 2018 By
Ternyata Ada Spesies Dinosaurus Bernama Thanos
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -- Ketika mendengar nama Thanos, hal yang langsung muncul di kepala adalah dewa keji dari Marvel yang membinasakan setengah populasi makhluk hidup di alam semesta, tak terkecuali sebagian superhero kesayangan. Ternyata, Thanos tak hanya sekadar nama dewa fiktif saja.

Ada spesies dinosaurus yang diberi nama Thanos. Tim peneliti dari Brazil pada 2014 menemukan fosil dari dinosaurus yang spesiesnya belum pernah ditemui sebelumnya. Meski temuan ini sudah berlangsung empat tahun lalu, pembahasan tentang dinosaurus spesies Thanos jadi perbincangan hangat belakangan ini gara-gara publik sedang digandrungi kelanjutan ‘Avengers: Infinity War’.

Baca juga: Pemeran Thanos Ungkap 3 Film Marvel Favoritnya

Mengutip CBR, tim yang dipimpin oleh Sergio Luis Simonatto itu kemudian meneliti fosil tersebut dan mengonfirmasi bahwa dinosaurus itu berasal dari genus brachyrostran abelisaurid. Jika melihat dari sejarah masa purba, genus tersebut hidup di zaman Cretaceous.

Kemudian, saat itu mereka memutuskan untuk memberi nama baru bagi spesies langka itu, yakni Thanos simonattoi. Tim peneliti mengaku pada saat itu mereka memang terinspirasi dari sang Mad Titan, Thanos, karakter antagonis bikinan komikus Jim Starlin pada 1973.

Spesies Thanos itu dipercaya sebagai dinosaurus karnivora yang berbahaya, namun tidak berada di puncak predator pada masanya.

Kira-kira seperti ilustrasi wujud Thanos simonattoi.

(Foto: Wikipedia/Ilustrasi: Deviantart/Paleojoe)

Ini bukan pertama kalinya spesies dinosaurus diberi nama dari karakter komik. Spesies yang masih satu keluarga dengan jenis Triceratop ditemukan pada 2015 dan diberi nama Hellboy oleh tim peneliti karena memiliki tanduk unik.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id