icon-category Auto

Ternyata Mesin Yamaha Lexi LX 155 Banyak Bedanya sama NMAX dan Aerox

  • 07 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Yamaha Lexi LX 155 telah mendapatkan mesin berkapasitas 155 cc dari sebelumnya hanya 125 cc saja. Meskipun secara kapasitas mesin sama seperti NMAX dan Aerox, ternyata secara detail jeroannya banyak yang berbeda.

Dodih Sutrisno selaku Service Education Yamaha Area DDS 2 menyebutkan mesin baru Lexi LX 155 merupakan generasi terbaru. Sehingga terdapat beberapa perbedaan komponen dibandingkan milik NMAX dan Aerox.

"Kami berfokus pada rotor atau magnet yang lebih ringan. Namun saat membuat magnet ini ringan, di manat erdapat fokus memikirkan balance antara bagian kanan dan kiri juga kita harus perhatikan agar seimbang," ujar Dodih di Bandung, Jawa Barat, Senin (5/2).

Dodih juga menyebutkan terdapat ubahan lain pada mesin baru Yamaha Lexi LX 155 pada komponen crankshaft alias kruk as. Komponen tersebut dibuat menjadi lebih pendek agar dapat mengurangi bobotnya.

alt-img

"Yang ketiga untuk perpindahan putaran dari crankshaft ke camshaft atau pergerakan katup itu kita ubah di camshaft atau tepatnya pada dudukan sproket-nya," ungkap Dodih.

Ditambah lagi, mesin baru Yamaha Lexi LX 155 kini menggunakan hidrolik tensioner yang mengandalkan oli sebagai pengatur tekanannya. Ubahan ini difungsikan agar dapat mengatur rantai keteng dengan lebih stabil dibandingkan tensioner manual.

Sistem tensioner baru ini juga membuat mesin baru Yamaha Lexi LX 155 memiliki jalur oli yang berbeda dari sebelumnya atau dari NMAX dan Aerox. Meski demikian, Dodih menyebutkan secara kapasitas oli tidak mengalami perubahan yang signifikan.

"Lalu kelima dari segi silinder bodynya juga lebih minim gesekan karena ada proses penghalusan pada dinding silinder. Jadi secara otomatis akan lebih minim gesekan dan berimbas pada torsi yang meningkat sebesar 0,3 Nm," sebutnya.

Sebagai tambahan informasi, Yamaha Lexi LX 155 mendapatkan mesin dengan konfigurasi 155 cc, 1-silinder, 4-tak, 4-katup, SOHC, berpendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 15,3 dk di 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm di 6.000 rpm.

Hal ini sedikit lebih besar jika dibandingkan saudara saudara 155-nya yakni NMAX dan Aerox yang hanya memiliki tenaga 15,1 dk di 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini