icon-category Auto

Tes Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid, Tembus 34 Km per Liter!

  • 25 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Suzuki cukup pintar untuk bersaing di segmen low MPV yang sengit. Dari sekian banyak pabrikan yang mengandalkan tampilan dan fitur-fitur kekinian, Suzuki Ertiga Hybrid cukup pede dengan menawarkan teknologi hybrid di low MPV.

    Ya, Suzuki sah aja mengklaim sebagai pabrikan pertama di Indonesia yang menyematkan teknologi Suzuki Smart Hybrid.

    “Tujuannya kita ingin menawarkan mobil yang hemat bahan bakar juga affordable, karena itu kita bikin Ertiga dengan teknologi hybrid. Kita mulai duluan di segmen ini (low MPV)” ujar Donny Saputra, Direktur Marketing Suzuki Indomobil Sales.

    Baca juga: Biaya Service dan Perawatan Baterai Ertiga Hybrid

    Nah, untuk menguji klaim tersebut, Suzuki pun menggelar test drive Ertiga Hybrid ini di Surabaya-Malang-Surabaya, sekaligus melakukan uji konsumsi BBM, untuk mengetahui seberapa irit konsumsi BBM Ertiga Hybrid ini ketika di pakai di berbagai kondisi jalan.

    Kami menggunakan Ertiga Hybrid GX dengan transmisi otomatis. Mengambil start dari Batu, Malang, menuju Surabaya dengan jarak tempuh sekitar 140 km.

    Pengujian BBM ini menggunakan metode full to full, dengan bahan bakar Pertamax Turbo. Setelah tangki terisi penuh, kemudian disegel. AC pun tetap di nyalakan dengan suhu 20 derajat dan kipas pada level satu, kemudian di segel juga. Dan setiap mobil diisi tiga penumpang.

    Sebagai disclaimer, karena ini uji irit, tentu cara berkendara tidak akan sama ketika menggunakannya di keseharian. 

    Kami akan memaksimalkan fitur di Ertiga Hybrid ini seperti ISG dan baterai Lithium Ion-nya untuk mensuplai listrik yang bisa membantu mengurangi kinerja mesin saat berakselarasi, juga fitur idle stop yang sudah tersedia di mobil ini.

    Kemudian, cara berkendaranya pun khusus, berusaha sebisa mungkin melajukan mobil secara konstan pada kecepatan kisaran 40-60 km perjam, dan menjaga putaran mesin serendah mungkin atau setidaknya di bawah 2.000 RPM.

    Cara-cara tersebut harus dilakukan, karena kondisi jalan yang di hadapi ternyata cukup beragam. Mulai dari kemacetan di dalam kota, tanjakan dan turunan, sampai jalan tol. Kondisi yang pastinya bakal membuat hasil konsumsi BBM tiap-tiap mobil akan berbeda-beda.

    Tonton juga: Video First Drive Suzuki Ertiga Hybrid

    Impresi berkendara Suzuki Ertiga Hybrid sendiri masih mirip-mirip dengan model sebelumnya. Akselarasinya tetap lumayan untuk mesin K15B berkapasitas 1.500cc dengan tenaga 104 Hp dan torsinya 138 NM.

    Di atas kertas, performa yang ditawarkan lebih rendah ketimbang para kompetitornya. Namun, berkat penyematan Smart Hybrid, kami merasakan performa mesin Suzuki Ertiga sama sekali tidak kekurangan tenaga.

    Mobil ini juga tetap menawarkan handling yang cukup baik dan peredaman suspensi yang terbilang nyaman. Belum lagi, dari sebelumnya, nuansa kabin yang terlihat mewah, membuat suasana berkendara lebih nyaman.

    Fitur idle stop juga bekerja dengan baik, selama kapasitas baterai masih tersedia minimal 3 bar. Asiknya, untuk melakukan pengisian baterai gak melulu mengandalkan mesin bakar, tapi juga saat melakukan deselarasi dan pengereman, energinya diubah menjadi listrik untuk mengisi ulang baterainya.

    Tak terasa, dengan semua perjuangan di jalan, kami akhirnya sampai di Surabaya. Dan ini saatnya mengetahui seberapa irit mobil ini.

    Ternyata hasilnya fantastis, bahkan pastinya bakal membuat kalian ikut bertanya-tanya. “Kok bisa dapet segitu? Nyetirnya gimana? Masa sih?” dan lain sebagainya.

    Ada dua kategori yang diuji. Transmisi manual dan transmisi otomatis. Dan setelah tangki diisi full kembali dengan takaran gelas ukur.

    Hasilnya, All New Ertiga Hybrid transmisi otomatis mencatat konsumsi BBM 28,07 km perliter setelah menempuh jarak 133,9 km. Sedangkan Ertiga Hybrid transmisi manual berhasil mencatat konsumsi BBM 34,2 km perliter setelah menempuh jarak  140,4 km.

    Nah sebagai catatan, sekali lagi kami ingatkan kalau hasil tersebut di dapat dengan cara berkendara yang pastinya diluar kebiasaan saat penggunaan harian. Untuk hasil di kondisi normal, bisa kami pastikan akan berbeda.

    Meski begitu, tetap saja hasil tersebut menggambarkan seberapa efisien teknologi Smart Hybrid yang disematkan Suzuki pada All New Ertiga ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini