icon-category Auto

Tesla Bangun Pabrik di Batang Tahun Ini, Solo Akan Pasok SDM

  • 19 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Presiden Joko Widodo bertemu dengan Elon Musk di Boca Chica, Texas, AS. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

    Uzone.id - Kabar gembira datang dari Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

    Bahlil mengumumkan di acara Road to G20: Investment Forum di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah, bahwa Tesla siap membangun pabrik di Batang, Jawa Tengah, di tahun 2022.

    Nah, untuk pengembangan Sumber Daya Manusia atau SDM, BKPM bekerja sama dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming dengan memanfaatkan Solo Techno Park.

    "Ini yang akan kami kedepankan, kolaborasi, agar investasi berjalan baik dan pemerataan dilakukan," kata Bahlil, Rabu (18/5/2022).

    BACA JUGA: Warga Indonesia Diajak Elon Musk Hijrah ke Mars, Minat?

    Adapun alasan BKPM memilih Solo karena kota di bagian timur Provinsi Jawa Tengah itu punya SDM yang lebih baik dibandingkan di Batang.

    Batang punya wilayah luas dan cocok untuk membangung pabrik Tesla. Sedangkan SDM dipasok dari Solo.

    Presiden Joko Widodo bertemu dengan Elon Musk di markas SpaceX di Boca Chica, Texas, AS. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

    Batang Pusat Kawasan Industri Terbaik

    Bahlil juga mengatakan bahwa Batang akan jadi pusat kawasan industri terbaik di Indonesia. Tak cuma Tesla, di Batang jadi tempat investasi perusahaan besar macam LG dan Foxconn.

    Investasi Tesla disebut Bahlil akan terjadi tahun 2022. Kerjasama Indonesia-Tesla menyangkut dua hal, yakni baterai dan mobil listrik.

    Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan lebih awal bertemu Elon Musk di Tesla Inc, Austin, Texas, Amerika Serikat, pada April 2022.

    Pertemuan Luhut pun dilanjutkan dengan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Elon Musk di markas SpaceX di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat, pada Sabtu (14/5/2022).

    Pernyataan Jokowi dan Elon Musk

    Elon dan Jokowi sempat diwawancara ketika mereka berada di markas SpaceX. Wawancara mereka berdua bisa kita lihat dalam tayangan video yang dibagikan oleh YouTube Sekretariat Presiden.

    Menurut Jokowi, pertemuan dengan Elon Musk merupakan tindak lanjut setelah dirinya memerintahkan Menteri Luhut untuk berbicara langsung kepada Elon mengenai investasi dan teknologi.

    Presiden Joko Widodo bertemu dengan Elon Musk di markas SpaceX di Boca Chica, Texas, AS. (Foto: Instagram @jokowi)

    "Dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," kata Jokowi.

    Menurut beliau, Elon sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia, dan Jokowi sudah sampaikan untuk bisa datang ke Indonesia.

    "Saya rasa ini tidak hanya berkaitan dengan Tesla, tetapi tadi juga ditunjukkan mengenai proyek besarnya mengenai SpaceX, saya rasa urusan teknologi memang Elon super genius," tutur Jokowi.

    Kemudian, Elon mengatakan bahwa dirinya sangat tertarik dengan masa depan Indonesia dan dia sangat mengagumi masyarakat Indonesia yang sangat positif dan optimistis.

    BACA JUGA: Mesin Nikuba untuk Sepeda Motor Dijual Rp6 Juta

    Elon juga mengatakan kalau Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dan akan melihat lebih dekat mengenai kemungkinan kerjasama di berbagai level antara Tesla dan SpaceX dengan Indonesia.

    Selain itu, Elon Musk juga turut mengajak warga Indonesia untuk hijrah ke Mars. “Indonesia punya potensi luar biasa di semua level, dan sangat mengagumkan melihat populasi Indonesia yang besar dan terus berkembang."

    Menurutnya, pertumbuhan ini sangat bagus karena perusahaannya butuh banyak orang di masa depan dan di Mars. Seperti yang kita tahu, kata Elon, Mars tidak punya penghuni dan butuh penghuni dari orang Bumi.

    Untuk menggaet hati warga Indonesia agar ikut dalam proyek masa depan menghuni Mars, Elon Musk menekankan kalau proyek ini berbasis relawan sehingga siapapun bisa ikut.

    “Proyek ini berbasis relawan kok,” tambahnya sambil tertawa.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini