home ×
Auto

Tesla Semi, Truk Listrik Besutan Elon Musk Siap Diproduksi

28 January 2021 By
Tesla Semi, Truk Listrik Besutan Elon Musk Siap Diproduksi
Share
Share
Share
Share

(Foto: Dok Tesla)

Uzone.id - Meraup kesuksesan dengan mobil listrik nan futuristis melalui berbagai model seperti Tesla Model S, Y, X, dan bahkan Cybertruck rupanya gak membuat Elon Musk berpuas diri.

Orang terkaya nomor satu di dunia versi Bloomberg tersebut mengumumkan siap menghadirkan kendaraan berupa truk listrik bernama Tesla Semi.

Pertama kali mengumumkan pada pengapalan pendapatan perusahaan untuk Q4 tahun 2020, Musk mengatakan bahwa rancangan untuk Tesla Semi sudah selesai dan siap untuk berlanjut ke tahap produksi yang diharapkan bisa mulai didistribusikan tahun ini.

Baca juga: Karyawan Tesla Digugat Gara-gara Pindahkan File ke Dropbox

Walau begitu, Musk juga mengatakan kendala dalam proses produksi yang saat ini masih terbatas karena kurangnya ketersediaan sel baterai, Tesla Semi sebenarnya sudah bisa diproduksi sejak beberapa waktu lalu, namun terkendala oleh ketersediaan sel baterai jenis 4680.

“Alasan utama kami tidak mempercepat beberapa produk baru salah satunya Tesla Semi, adalah karena kami tidak memiliki cukup sel baterai” ungkap Musk.

Sel baterai jenis 4680 sendiri merupakan paket baterai khusus yang diklaim memiliki energi lebih besar dan akan digunakan untuk semua jenis mobil Tesla di masa yang akan datang dengan kelebihan peningkatan efisiensi, biaya, dan keamanan.

Baca juga: Tesla Mulai Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

Selain itu, Musk juga mengungkap kalau penggunaan komposisi baterai pada Tesla Semi setara dengan lima kali lipat baterai yang digunakan pada mobil listrik biasa.

Akan tetapi harga jualnya jelas tidak lebih mahal lima kali lipat dari harga mobil listrik seperti Model S dan Y, hal ini yang masih menjadi kendala bagi Tesla.

Di lain sisi, Tesla juga dirumorkan sedang dalam pembicaraan untuk membuat kendaraan listrik berjenis Van, tapi mengingat kendala yang saat ini dimiliki Tesla Semi nampaknya rencana tersebut masih belum akan terealisasi dalam waktu dekat.

VIDEO Pasang Dashcam Resmi Mitsubishi, Kamera Bening Siang Malam:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article