Auto

Test Drive Civic Hatchback RS, Racing Harian Ala Honda

  • 20 February 2020
  • Bagikan :

    Uzone.id - Honda kini menempelkan emblem RS pada Honda Civic hatchback facelift yang baru aja diluncurkan di awal tahun 2020 ini. Sehingga, mobil ikonik Honda ini pun harusnya jauh lebih sporty dan bergaya racing harian.

    Nah, Uzone.id pun berkesempatan nyicipin sensasi nyetirin Honda Civic hatchback dengan rute membelah Jakarta, yang dimulai dari SCBD, Jakarta sampai ke Serpong, Tangerang.

    Secara tampilan, emang kini karakter hatchback dari Civic ini udah jelas banget bedanya sama versi sedan yang cenderung elegan. Tampilan luarnya yang agresif, ngebuat gue jadi gak sabaran buat nyobain.

    Baca juga: Intip Fitur Canggih Honda Civic RS Hatchback

    Wajah yang tajem, desain bumper yang besar, lips hitam, pelek baru, sampai posisi knalpot yang berpindah ke tengah seperti Honda Civic Type R.

    Pokoknya kalau untuk harian, ini Civic racing banget deh keliatannya dan karena mesin turbonya, semoga gak disebut-sebut sebagai 'mobil ricer' yaaa...hehe

    Masuk ke dalam kabin. Posisi duduknya rendah. Pengaturan joknya udah elektrik, setirnya bisa tilt dan telescopic. Jadi urusan ergonomis cukup menyenangkan. Tapi karena rendah, kadang kurang praktis kala harus mengetap e-Tol di gerbang tol.

    Gue juga suka tampilan baru di kabinnya yang sebenernya gak banyak. Detail kulit dan jahitan merah pada setir, dan tuas transmisi, juga motif joknya yang keren banget. Meski bukan jok racing kayak Type R, tapi tetep berasa racing dan plusnya, lebih nyaman didudukin.

    Redaman kabinnya boleh juga, saat lagi diam atau jalan pelan, karena begitu jendela ditutup, suara mesin dan suara-suara dari lingkungan sekitar minim banget terdengar di dalam kabin.

    Raungan mesin saat berakselarasi juga sebenernya gak begitu kedengeran. Harusnya, gak apa-apa sih dibuat bocor ke kabin, biar sensasi nyetir ala-ala mobil racing makin berasa di dalam kabin.

    Sayangnya, Honda malah membiarkan bebuyian gemuruh ban terdengar jelas di dalam kabin, ketika mobil menyentuh kecepatan 100 km perjam. Sangat disayangkan, ketika yang diharapkan raungan suara mesin yang kedengeran, ini malah suara gemuruh ban.

    Baiklah, sekarang kita rasain gimana performa mesinnya. Dibalik kap mesin, ada mesin turbo berkapasitas 1.500cc i-Vtec yang sanggup menghasilkan daya sebesar 173 PS dan torsinya 220 Nm. Tenaga dan torsi yang sama dengan Civic versi sedan.

    Tapi ketika melaju, gue merasakan ada sedikit perbedaan akselarasi. Versi hatchback ini kok lebih terasa turbo-lag, sehingga gak selincah akselarasi versi sedan.

    Beberapa kemungkinan bisa menjelaskan kondisi tersebut. Pertama, mungkin karena posisi knalpot yang berpindah ke tengah, ngebuat tenaga seperti tertahan. Karena biar bagaimanapun, panjang sampai lekukan pipa knalpot bakal berpengaruh ke performa mesin.

    Kedua, bisa jadi karena power to weight ratio kedua mobil ini beda. Meskipun hatchback seolah lebih kompak dimensinya, tapi itu gak signifikan, karena hanya beda panjang 129 mm atau 12,9 cm dan hatchback lebih tinggi 5 mm.

    Selain itu, Civic hatchback malah bobotnya lebih berat, karena Honda melakukan penguatan material pada bagian pilar belakang untuk menempatkan pintu bagasi. Pilar dan pintu ini jelas bobotnya gak ringan.

    Tapi, meskipun sedikit banget agak tertahan, jelas ini masih performa yang sangat menyenangkan apalagi buat dipakai harian. Mesin turbonya benar-benar ngebuat sensasi racing harian ala Honda begitu terasa.

    Transmisi CVT juga terbukti gak menghalangi kesenangan berkendaranya, dan kalau mau lebih sporty, pindahkan ke posisi S dan pakai paddle shifter untuk memain-mainkan perpindahan gigi sampai 7 percepatan.

    Terus gimana handlingnya? Ya ini juga udah jadi ciri khas dari Civic. Stabil dan lincah paling terasa, apalagi yang versi hatchback ini terasa lebih lincah dan gesit saat bermanuver.

    Jalan pelan nyaman banget, kenceng pun stabil meski suspensinya menurut gue sedikit empuk, mungkin Honda mencari keseimbangan antara kenyamanan dan kestabilang dan hasilnya, lumayan pas buat dipakai harian.

    Kesimpulannya, Civic hatchback ini cocok banget buat para anak-anak muda yang mau 'mobil Honda beneran'. Tampilannya sporty dan anak muda banget, performa mesin turbo dan handlingnya gurih, sampai harga dan pajak yang lebih murah dari sedan.

    VIDEO Review Suzuki XL7, Ertiga Versi Crossover: