home ×
Auto

Test Drive Honda City Hatchback, Sang Suksesor Honda Jazz

20 June 2021 By
Test Drive Honda City Hatchback, Sang Suksesor Honda Jazz
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Tahun 2021 ini Honda mengambil langkah yang lumayan radikal dengan memutuskan untuk menghentikan kiprah Honda Jazz di Tanah Air setelah sejak hampir dua dekade di Indonesia.

Penggantinya? Honda City versi hatchback (HB). Sebuah beban berat pun harus ditanggung sang suksesornya ini.

Nah, kami berkesempatan untuk mengujinya langsung, dan menjawab semua rasa penasaran mengenai hatchback terbaru Honda ini, mulai dari bagaimana impresi berkendaranya, handlingnya, fitur dan akomodasi, sampai konsumsi bahan bakarnya.

Honda hanya menawarkan satu varian, yakni RS. Dari namanya, sudah pasti City HB RS ini punya tampang yang dibuat sporty layaknya mobil-mobil RS Honda lainnya.

City HB punya dimensi panjang 4.349 mm, lebarnya 1.748 mm dan tingginya hanya 1.488. Dengan begini, City lebih panjang dan lebih lebar ketimbang Jazz, tapi lebih rendah.

Panjangnya mobil ini terlihat dari pilar paling belakang yang menyisakan banyak ruang, serta overhang yang juga panjang. Wheelbase pun lebih panjang ketimbang Jazz. Ini tentu bakal berpengaruh ke karakter berkendaranya nanti.

Masuk ke kabinnya, nuansa serba sporty juga disuguhkan Honda. Serba hitam dengan sedikit aksen merah. Kami suka visual dan feel menggenggam setirnya. Berlapis kulit dan lengkap dengan tombol-tombol pengaturan audio dan cruise control.

Gak lupa, setir yang sudah bisa tilt dan telescopic ini juga dilengkapi dengan sepasang paddle shifter, sehingga ngebuat City HB lebih sporty.

Akomodasi dan keluasan kabin

Kami cukup puas dengan sodoran akomodasi dan fleksibilitas City, terutama bagaimana Honda dengan cerdas menawarkan pengaturan kursinya yang multifungsi.

Kursi belakang kalau dilipat, bisa rata lantai dengan bagasi danbahkan, masih punya pengaturan lain, dilipat ke atas, sehingga menyisakan ruang untuk membawa barang-barang yang tinggi.

Selain itu, karena mobil ini panjang, membuat ruang belakang Honda City HB jadi luas banget. Bahkan untuk tingga badan kami yang 178 cm, kaki begitu leluasa dan menyisakan banyak ruang di kabinnya.

Performa mesin punya dua karakter
Biar gak berlama-lama lagi, mari pencet tombol start/stop-nya dan mesin pun hidup dengan halus. Saat idle gini, sama sekali gak masuk ke dalam kabin suara mesinnya.

City HB menggunakan mesin dengan kapasitas yang sama dengan Honda Jazz, namun mesin 4 silinder segaris 1.5L 16 katup i-VTEC + DBW punya City sudah DOHC, yang membuat performanya mencapai 121PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm.

Meski naik 1 PS, tapi ketika dikendarai justru akselarasi City HB lebih lemot atau lebih lembut ketimbang Honda Jazz. Bisa jadi karena dimensinya yang lebih besar, atau Honda memang menawarkan kenyamanan untuk City.

Karena kalau memang mau pecicilan di jalanan, silakan pindakan tuas ke posisi S dan aktifkan paddle shifter-nya. Maka kalian bisa bermain-main dengan transmisi 7 speed artificial-nya yang responsif itu. Menyenangkan..

Handling jawara
Ditambah, dengan agresifitas tuas transmisi di posisi S dan mengaktifkan paddle shifter, kami juga disuguhkan sensasi handling dari City HB yang superior.

Bodi lebih rendah, wheelbase lebih panjang, redaman suspensi sedikit keras, membuat City HB bisa meladeni manuver ekstrem sekalipun tanpa gejala body roll berlebih. Seolah bodi mobil ini nurut aja ketika diajak belok kanan dan kiri.

Setirnya tajam, pergerakannya gesit. Dalam hal handling, kami berani berpendapat kalau Honda City sedikit unggul ketimbang Honda Jazz yang sudah terkenal dengan fun to drive-nya itu.

City Layak Gantikan Jazz
Kalau mengambil kesimpulan, secara over all, memang Honda City tetaplah mobil konvensional meski di posisikan sebagai pengganti Honda Jazz.

Disaat banyak mobil-mobil baru berlomba-lomba menyuguhkan fitur-fitur unik dan canggih--meskipun belum tentu kepake, Honda hanya menawarkan remote kunci yang bisa menyalakan mesin untuk City sebagai fitur gimmick.

Tapi biar gimanapun, Honda City tetap punya banyak keunggulan. Tampilannya, akomodasi dan fleksibilitas kabinnnya, keluasan ruang kabin, nyaman, konsumsi bahan bakar irit dan pastinya handling yang superior.

VIDEO Test Drive Honda City Hatchback RS:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id