Test Drive Neta V: Mobil Listrik Murah, Irit dan Nyaman
Uzone.id - Neta memang nama baru di jajaran merek mobil di Indonesia. Apalagi, mobil ini 100 persen sumber tenaga penggeraknya dari listrik. Namun, ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan pabrikan China ini pada jagoan perdananya, Neta V.
Neta V hadir sebagai mobil listrik yang murah, karena harganya relatif terjangkau, yakni Rp379 juta (belum dipotong subsidi pemerintah). Mobil ini juga irit konsumsi listriknya karena bisa berjalan sejauh 401 km sekali pengecasan, serta lumayan nyaman.Kami berkesempatan untuk mencoba Neta V selama beberapa hari. Nah, bagaimana impressinya?
Desain ‘Kurang Indonesia’
Neta V punya desain yang sebenarnya cukup baik dan cenderung bermain aman. Meski sekilas kami menganggap desainnya masih ‘kurang Indonesia’.
Terutama pada bagian wajah yang menurut kami masih terlalu sederhana. Mungkin karena ini juga mobil listrik, jadi tidak terlalu banyak tarikan garis dan lubang-lubang aliran udara, sehingga membuat tampilan wajahnya terlalu polos.
Di bagian samping, lumayan tidak monoton, karena ada over fender yang dilengkapi dengan lampu sein di sepasang vender depan, sekaligus menegaskan kalau Neta V adalah sebuah SUV ringkas, bukan hatchback.
Di belakang jauh lebih atraktif ketimbang bagian depan. Mulai dari banyak lekukan, desain lampu kombinasi yang dinamis, sampai bumper yang terlihat lebih tegas dan kekar layaknya sebuah SUV.
Sementara kalau masuk ke dalam kabinnya, barulah Neta bisa menampilkan eleganitas yang membuat nuansa kabin mobil ini terasa mahal.
Setirnya yang unik karena terdapat bagian flat di atas dan bawahnya, kemudian layar sentuh raksasa berukuran 16 inci, sampai aksen rose gold pada dasbor yang membuat tampilannya berasa mahal.
Impresi berkendara cukup nyaman
Dari segi dimensi, Neta V punya dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.540 mm, jarak sumbu roda 2.420 mm, dan ground clearance 130 mm.
Mulai dari posisi duduk yang menurut kami cukup nyaman dengan ruang kabin bagian depan yang terasa lega. Sayang, pengaturan joknya masih manual dan setir pun tidak bisa dinaik-turunkan atau di manju-mundurkan.
Namun bukan berarti jadi sulit untuk menemukan posisi duduk yang ergonomis, karena mulai dari joknya, kemudian visibilitas ke depan, samping dan belakang cukup leluasa. Dan posisi duduk mobil ini juga berasa tinggi, jadi lebih memudahkan pengemudi.
Neta V dibekali baterai lithium ion berkapasitas 40,7 kWh sehingga daya jelajahnya mencapai 401 km dalam kondisi baterai terisi penuh.
Adapun motor elektrik di roda depan yang dapat menghasilkan tenaga 70 kW atau setara 93 hp dan torsi maksimum 150 Nm. Di atas kertas, tenaaga yang ditawarkan memang biasa saja dan setara dengan rata-rata mobil bensin berkapasitas mesin 1.500cc.
Begitu juga ketika di kendarai, akselarasinya memang tidak segalak mobil-mobil listrik pada umumnya. Namun, keunggulannya, jadi terasa lebih nyaman dengan sensasi layaknya nyetir mobil-mobil bermesin konvensional.
Dan keunggulan lainnya, meskipun akselarasinya lembut, tapi isian tenaganya terasa direct sejak pedal gas diinjak dan terus berasa mengisi sampai kecepatan tinggi.
Secara umum, mobil ini cukup nyaman dikendarai dan mudah dikendalikan. Meskipun, untuk bermanuver, gejala body-roll masih sangat terasa, juga yang kami kurang suka adalah redaman suspensi belakang yang terlalu lembut dan mengayun, sehingga mengurangi sedikit kenyamanan.
Neta V mengandalkan MacPherson Strut pada bagian depan dan Trailing Arm di bagian belakang. Redaman suspensinya empuk, sehingga nyaman ketika harus melibas jalan rusak atau bergelombang, cuma ya itu tadi, handlingnya masih relatif biasa saja.
Soal pengecasan, Neta V dilengkapi colokan tipe AC dengan tenaga 6,6 kW sehingga cas dari baterai kosong sampai penuh, butuh waktu 8 jam.
Selain itu juga tersedia colokan tipe DC untuk fast charging 100 kW. Dengan menggunakan colokan ini, pengisian daya baterai mobil hanya butuh 30 menit dari 30-80 persen.
Fitur lumayan lengkap meski tanpa ADAS
Dengan banderol yang relatif terjangkau, wajar kalau Neta belum menghadirkan fitur canggih ADAS. Namun, bukan berarti fitur-fiturnya jadi kurang lengkap.
Paling mencolok tentu saja layar sentuh 16 inci tersebut. Dari sini, semua pengaturan mobil bisa dioperasikan. Layarnya juga responsif dan punya grafis yang bagus dan enak dilihat mata.
Neta V juga sudah dibekali beragam fitur lain yang tak kalah mumpuni. Ada banyak sekali fitur keselamatan yang disematkan pada mobil ini.
Antara lain Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Hill-start Assist Control (HAC), Hill Descent Control System (HDC), Speed Sensing Auto Door Lock, dan dual front Airbags.
Terdapat juga Electronic Parking Brake (EPB), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), hingga Tire Pressure Monitoring System (TPMS).
Ada pula fitur keselamatan standar Seatbelt Reminder, 3-Point Rear Seatbelt, serta Front Seatbelt with Pretensioner and Load Limiter.
Kesimpulan, Nyaman di perkotaan, aman di ajak jarak jauh
Neta V seolah berusaha memenuhi semua kebutuhan warga Indonesia akan sebuah mobil. Tidak hanya nyaman saat dipakai harian di perkotaan, dengan jarak tempuh baterai yang mencapai 401 km, membuat mobil ini juga cukup aman di ajak perjalanan jauh.