home ×
Auto

Test Drive Toyota New Rush Part 2, Menikmati Fitur-Fitur Canggih

10 January 2018 By
Test Drive Toyota New Rush Part 2, Menikmati Fitur-Fitur Canggih
Share
Share
Share
Share

Selama berada di Malang dan Surabaya pada 9-10 Januari 2018, saya mengendarai The All New Toyota Rush tipe TRD Sportivo, bergantian dengan jurnalis lainnya. Kota Malang adalah daerah ikonik di Jawa Timur yang terletak di dataran tinggi yang identik dengan apel, bakso, dan berbagai lokasi wisata yang semakin berkembang.

Perjalanan seputar Malang hadir dengan kontur jalan yang beragam, baik jalur menanjak, turunan, ataupun berliku-liku yang menjadi pengalaman menarik bagi saya mengendarai medium Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru keluaran Toyota ini.

Masuk dalam kabin, menyalakan dan mematikan mesin hanya dengan tombol start-stop. Fitur yang user friendly. Dalam tulisan bagian pertama (Part 1), saya menyampaikan spesifikasi All New Rush yang meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara. Oleh sebab itu, maka saya fokuskan test drive All New Rush ini dengan memaksimalkan pemakaian fitur-fitur yang tersedia.

Seperti yang terjadi di daerah Malang, kecepatan sekitar 60-80 kilometer per jam, hujan turun cukup deras, ini membuat saya dapat memaksimalkan penggunaan fitur LED headlamp, karena redupnya jarak pandang akibat siraman air hujan dan mendung. Lampu LED menyala terang saat hujan di sore hari.

Selain itu, saya semakin percaya diri mengendarai New Rush dalam kesempatan mengendarai dari Malang menuju Surabaya karena adanya sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD). Walaupun fitur ini belum saya rasakan seutuhnya, karena masih mengerem wajar dan safety driving, sesuai himbauan Toyota untuk senantiasa Drive Safely !

All New Rush sendiri memiliki piranti keselamatan canggih di kelasnya, tak hanya ABS dan EBD, juga ada 6 SRS Airbag, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) yang tersedia pada semua grade.

Di jalan tanjakan saya mencoba fitur HSA ini, dalam beberapa detik cukup membantu saya untuk pengendalian dan perpindahan gigi, sehingga mobil tidak segera mundur ke belakang. 

“All New Toyota Rush adalah kendaraan Real SUV dengan karakter urban adventurer melalui desain yang sama sekali berbeda, bermesin tangguh, berteknologi Dual VVT-I yang responsif dan hemat dalam pemakaian bahan bakar,” kata Public Relation Manager Toyota Astra Motor (TAM) Rouli Sijabat.

Terdapat 8 group dengan 8 unit kendaraan New Rush dalam acara Test Drive yang diselenggarakan Toyota Astra Motor (TAM) ini. Saya berada di group 5, bergantian menyetir dengan 3 jurnalis lainnya dalam satu mobil. Tak hanya test drive, dalam acara ini para jurnalis juga menikmati simulasi permainan yang kental dengan nuansa otomotif, seperti mencopot dan memasang kembali ban serep, dan lainnya yang seru dan asyik.

Kembali lagi ke jalan, saat giliran menjadi penumpang, saya menikmati betapa leganya bangku baris kedua. Pemindahan ban serep ke bawah atau ke kolong mobil ternyata menambah panjang dimensi bodi belakang, sehingga ruang kabin penumpang menjadi lebih luas. Panjang bagasi mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan model sebelumnya.

Saya utak-atik penggunaan fitur entertainment system canggih New Rush tipe TRD Sportivo yang dilengkapi DVD AVX 7 inch with Internet, USB, Bluetooth, Ipod, Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smartphone Remote App. Kemewahan ini didukung surround audio system dengan 8 speaker yang menyajikan kualitas suara musik yang jernih dan menyenangkan sepanjang perjalanan Malang-Surabaya. 

The All New Rush memiliki engine berteknologi Dual VVT-i (2NR) serta ground clearance yang tinggi, yang mampu melewati berbagai rintangan dan kondisi jalan. Suspensinya saya rasakan empuk saat roda melalui jalan rusak genangan air.

Tarikan di gigi 1, 2, 3, dan 4 automatic nya cukup responsif dan akseleratif, bermesin 1.500 cc, konfigurasi mesin yang sama dengan New Avanza yang diklaim bertenaga namun irit dan efisien dalam pemakaian bahan bakar. Untuk kecepatan, saya tidak ngebut, karena arahan Drive Safely tadi.

Perjalanan dari Malang berlanjut masuk ke Tol, menuju Kota Surabaya. Di jalan tol, giliran jurnalis lainnya mencoba akselerasi dari All New Rush. Secara keseluruhan, bagi saya mobil ini dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang mengidamkan format kendaraan SUV, namun muat banyak seperti Multi Purpose Van (MPV) karena dapat mengakomodasi 7 penumpang.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id