home ×
Auto

Test Drive Toyota Supra di Sirkuit Sentul, Sensasi Mobil Sport 2 Miliar!

26 November 2019 By
Test Drive Toyota Supra di Sirkuit Sentul, Sensasi Mobil Sport 2 Miliar!
Share
Share
Share

Foto: Bagja, Toyota

Uzone.id - Sebelum ada ajakan Toyota untuk nyicipin Toyota Supra, gue baru aja nonton film Ford v Ferrari di bioskop. Di film itu gue terkesima sama raungan mesin dan adrenalin pas balapan.

Eeee, abis nonton besokannya gue dapet kesempatan buat test drive Toyota Supra di sirkuit Sentul. Goks, di sirkuit! Gimana rasanya coba? Pikir gue ketika dapet undangan langka tersebut.

Iya Supra, mobil sport beneran yang dijual seharga Rp 2 miliaran ini, yang biasanya cuma liat di film-film, beneran bisa gue coba. Mimpi apa coba ya, namanya rejeki mungkin gak kemana.

Tonton Video Toyota Supra Ngebut di Sentul:

Baiklah, Toyota Supra ini akhirnya bangkit lagi setelah lama gak muncul-muncul generasi barunya. Ini adalah generasi terbaru, generasi ke lima, yang dikembangin bareng BMW.

Mungkin Akio Toyoda, udah kangen berat untuk kebut-kebutan dan gak mau ribet dan lama buat ngembangin mobil sport legndarisnya. Makanya, diajaklah BMW buat kerjasama.

Setidaknya, citarasa BMW yang khas di performa dan handling, bisa dipadukan dengan apik sama citarasa legendaris khas mobil sport Toyota pada sosok Supra, yang kini dilahirkan di Austria.

Jadi, DNA Supra terbaru ini berasal dari Eropa dan Jepang, dilahirkan di Eropa, dan dibidani Gazoo Racing untuk ngebuatnya jadi makin cihuy.

Bicara soal desain? Gausah lama-lama. Jujur, gue kurang suka sama desainnya, tapi soal fungsi aerodinamis berkat desainnya itu, ya boleh lah.

Aliran udara di moncong mirip mobil-mobil F1, lekuk tubuh yang mengalir, ngebuat nuansa sporty sebelas dua belas sama futuristis.

Kalo ada yang gue suka yakni bagian belakangnya yang jauh lebih agresif dari wajahnya yang mirip ikan Lele ini. Tapi sudahlah, kenikmatan berkendaranya bakal mengalahkan tampilan si SUpra terbaru ini.

BMW dan Toyota merancang center gravitasi yang lebih baik. Dan seperti hampir pada semua sedan-sedan BMW, distribusi bobot antara depan dan belakang di mobil ini dibuat rata, 50:50.

Caranya? Dengan memposisikan mesin agak sedikit ke belakang, sehingga bisa memaksimalkan bobot yang seimbang, yang efeknya jadi lebih fun buat disetirin.

Layaknya mobil-mobil sport, posisi duduk pastinya rendah, dan cembungan di kap mesin makin ngebuat gue ngerasa tenggelam di kabinnya. Tapi joknya meski bergaya racing, tetep enak didudukin.

Setirnya sih kurang racing, tapi yang penting kan ada posisi yang pas antara bokong, kaki dan lengan, sehingga ergonomis saat mengemudi benar-benar nyaman.

Supra beda dengan kembarannya BMW Z4, khususnya dari segi performa mesin. Kalau BMW pakai mesin 2.000cc, Supra pakai mesin 3.000cc Twin turbo pula, sehingga bisa menghasilkan daya sebesar 350 Hp dan torsinya gokil, 500 Nm.

Tenaga monster tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 8 speed, ke sepasang roda belakang yang udah dilengkapin sama LSD elektrik, agar memaksimalkan traksi ban saat dikebut.

Bannya sendiri mengandalkan merk Michellin Pilot Super Sport yang punya ukuran lebar 255 dan tebelya 35 dengan diameter 19 inci untuk depan.

Sedang belakang, lebih lebar lagi yakni 275 dan tebelnya 35 dengan diameter 19 inci. Dilengkapin lagi sama rem Brembo 4 piston untuk semua roda.

Begitu mesin dinyalakan, kayak bukan mobil sport. Suaranya gak kedengeran di dalam kabin. Beda kalau pedal gasnya di injek2 agak dalem, baru deh raungan mesin 6 silindernya mulai sangar.

Kalau mau lebih sangar lagi, pencet aja tombol Sport Mode, seketika raungan mesin bertambah gahar, suspensi makin keras, dan putaran mesin meninggi.

Dan begitu pedal gas diinjek, wuuuzzzz... wow! beneran langsung ngacir, enteng bener kayak gak ada hambatan sama sekali sama bobot.

Asiknya, mungkin karena ini mobil sport ya, meski akselarasinya super spontan, ringan dan gesit, handlingnya gak liar dan kayak gampang banget dikendaliin.

Melibas tikungan tajem dan lincah, meski beberapa kali terasa ada pergeseran ban, tapi LSD elektriknya bekerja dengan baik mengatur porsi dari traksi tiap-tiap ban.

Kesimpulannya? Bener kata Toyota. Supra ini mungkin dirancang buakn sebagai mobil yang paling kenceng, tapi bisa dipastikan kalau Supra itu Supreme dalam hal fun to drive.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

5 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
꧁༒Hunter༒꧂, 07 December 2019 | 21:09:58

canggih sekali ya mobilnya jadi pengen naik nih

viola 27 November 2019 | 18:13:30

canggih sekali ya mobilnya jadi pengen naik nih

Mass Inonk 26 November 2019 | 23:25:17

3000cc good job

egaramadhan011@gmail.com 26 November 2019 | 18:09:24

canggih banget tuh mobil

Mohammad Ilham 26 November 2019 | 17:31:36

jadi beb apa saja untuk ketemu sama sekali padahal aku ingin sekali aku dong berarti bahwa pemilik langsung auto dinasehati pasti nanti akan ada

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id