Home
/
Automotive

Test Ride Motor Listrik Termurah Honda ICON e:, Ringan dan Lincah!

Test Ride Motor Listrik Termurah Honda ICON e:, Ringan dan Lincah!

Motor Listrik Honda ICON e: (Dok: Uzone.id/Brian)

Brian Priambudi18 December 2024
Bagikan :

Uzone.id Honda ICON e: menjadi motor listrik paling murah yang dijual oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Meskipun murah, secara kualitas ICON e: tak bisa dianggap remeh, lantas bagaimana rasanya menunggangi motor listrik tersebut?

AHM mengajak sejumlah awak media termasuk Uzone.id untuk merasakan langsung motor listrik terbaru mereka. Pengetesan dilakukan di AHM Safety Riding Park di Cikarang, Jawa Barat, Senin (16/12).

Impresi pertama menunggangi motor listrik Honda ICON e: adalah posisi berkendaranya yang tidak jauh berbeda dari EM1 e:. Perbedaan dengan EM1 e: hanya pada dimensi saja yang terasa lebih lebar, sementara untuk tinggi jok ICON e: tidak jauh berbeda. Yang menjadi perhatian dari posisi duduk motor listrik ICON e: adalah dek yang cukup tinggi sehingga terasa sedikit jongkok.

Secara kualitas, seperti material bodi, rangka, dan plastik-plastiknya, Honda ICON e: terasa cukup kokoh. Bagian kaki-kaki juga tidak menimbulkan suara-suara yang tidak semestinya saat digunakan, berbeda dari motor-motor listrik dari merek-merek baru yang masuk ke Indonesia.

Motor listrik Honda ICON e: Dites melewati genangan air (Dok: Honda)
Preview
Motor listrik Honda ICON e: dites melewati genangan air (Dok: Honda)

Pengetesan pertama adalah melintasi genangan air setinggi 20 cm, rintangan pertama ini dengan mudah dilintasi oleh ICON e: tanpa mengalami kendala. Berkat posisi dek yang tinggi, membuat air tidak sampai naik ke area dek, komponen kelistrikan termasuk penggeraknya yang berada di roda belakang juga tidak terganggu.

Soal performa, akselerasi motor listrik Honda ICON e: terasa tidak terlalu bertenaga. Kecepatan meningkat secara linear yang membuat peningkatan kecepatan terasa cukup lama, terutama dalam mode ECON. Sementara dalam mode berkendara STD, tenaga terasa lebih responsif dan bisa diandalkan untuk meningkatkan kecepatan.

Soal bobot, Honda ICON e: terasa sangat ringan. Mengingat komponen baterai berada di bagian dek motor, sehingga memiliki center of gravity yang cukup rendah. Ringannya motor listrik ini membuat rasa berkendara seperti melayang, namun bisa dengan mudah berganti manuver untuk berbelok kanan dan kiri.

Test Ride motor listrik Honda ICON e: (Dok: Honda)
Preview
Test Ride motor listrik Honda ICON e: (Dok: Honda)

Perlu diketahui, Honda ICON e: memiliki penggerak listrik bertenaga maksimal 1,8 kW yang mampu melaju hingga 55 km/jam. Baterainya sendiri tertanam di bawah dek yang mampu membuat motor listrik ini melaju hingga 53 kilometer dalam satu kali pengecasan.

Dengan baterai yang tertanam, motor listrik Honda ICON e: mengandalkan direct charge langsung ke motor ataupun ke baterai. Mengisi daya baterainya sendiri membutuhkan waktu 7 jam 10 menit dari 0-100 persen, sementara dari 25-75 persen hanya membutuhkan waktu 3 jam 30 menit saja.

Motor ini dipasarkan dengan harga Rp28 juta untuk on the road Jakarta, sudah termasuk baterai. Menariknya motor listrik ini menyediakan banyak pilihan warna seperti Iconic Mint, Iconic Orange, Iconic Red, Iconic White, dan Iconic Matte Black.

populerRelated Article