icon-category Auto

Test Ride Vespa GTV 300 HPE, Mesin Bertenaga Bikin Makin Sporty

  • 13 Sep 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Vespa GTV 300 HPE telah resmi dijual oleh PT Piaggio Indonesia selaku pemegang merek Vespa di Tanah Air. Merek asal Italia ini pun langsung menghadirkan sesi test ride kepada awak media untuk dapat mengetahui bagaimana impresinya mencoba skuter yang tampil sporty ini.

Vespa GTV 300 HPE dijual seharga Rp176 juta on the road DKI Jakarta, dengan harga tersebut bagaimana rasanya untuk dikendarai?

Sebelum membahas impresinya, Vespa GTV 300 HPE ini dibekali mesin High Performance Engine (HPE) dengan kapasitas 278 cc, 1-silinder, 4-langkah, 4-katup, berpendingin cairan. Dari spesifikasi tersebut, mesin HPE-nya mampu menghasilkan tenaga maksimal di 23,4 dk dan torsi 26 nm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi otomatis alias Continuous Variable Transmision (CVT).

alt-img

Desain sporty ala Italia

Secara desain, Vespa GTV 300 HPE yang satu ini mengusung gaya yang lebih sporty daripada saudaranya yakni GTS 300 HPE.

Tampilan sportynya bisa dilihat dari penggunaan top fairing yang melindungi speedometer dan setang telanjang di belakangnya. Kemudian hadirnya 'faro basso' yang merupakan lampu depan khas GTV yang rendah diletakkan pada pelindung roda depan menambah kesan gaya retro sporty.

Meskipun bergaya retro, namun Vespa GTV 300 HPE ini dibekali banyak fitur modern, mulai dari lampu LED di semua sisinya, hingga panel instrumen digital.alt-img

Posisi berkendara

Meskipun menggunakan setang model telanjang, namun Vespa GTV 300 HPE ini dirasa memiliki posisi berkendara yang mirip dengan saudaranya yakni GTS. Dari posisi duduk tidak ada yang berbeda karena kesan skuter Vespa masih terasa kental di atas sadelnya.

Artinya posisi duduknya cukup tinggi, bahkan dengan pengendara berpostur 170 cm masih perlu jinjit duduk di atas Vespa GTV 300 HPE ini. Setang yang lebar cukup membantu pengendalian dari skuter yang memiliki dimensi lebih besar ini.

Bagian jok terasa cukup menopang seluruh badan pengendaranya, ditambah kenyamanan khas produk flagship sangat terasa pada GTV 300 HPE ini.

Impresi berkendara: mesin 278 cc yang responsif

Berkat mesin 300 HPE seperti milik GTS, Vespa GTV ini punya tarikan yang sangat responsif. Tidak membutuhkan waktu lama jika ingin berakselerasi dengan cepat di jalan raya.

Sayangnya area test ride yang terbatas yakni hanya berputar-putar di Pondok Indah Mall 2 membuat potensi penuhnya tidak bisa dirasakan. Namun secara keseluruhan tenaganya masih cukup untuk digunakan di dalam kota.

Dari segi handling, karena menggunakan setang yang cukup lebar membuat pengendalian terasa mudah. Namun layaknya skuter asal Italia, bagi yang belum terbiasa maka akan sulit bermanuver.

Hal ini dikarenakan posisi duduk yang tinggi sementara ban yang digunakan hanya berukuran 12 inci.

Perihal kaki-kaki, terasa bantingan yang cukup kaku dan tidak terasa tidak terlalu empuk baik di depan maupun belakangnya. Perlu kehati-hatian agar dapat melintasi jalan yang kurang rata dengan nyaman.

Karena digunakan dalam waktu yang cukup lama, ditambah kemacetan Pondok Indah, membuat kipas tambahan di radiator Vespa GTV 300 HPE ini menyala. Saat menyala raungan kipas terasa cukup keras terdengar, terutama saat berhenti di tengah padatnya lalu lintas.

Mengenai pengeremannya, sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Vespa GTV 300 HPE dibekali pengereman cakram baik depan dan belakang yang dapat melakukan deselerasi dengan cepat. Ditambah dengan ABS dual channel, memberikan rasa aman saat berhenti secara mendadak.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini