News

Tetap Berolah Raga Saat Puasa, Ini Kiatnya

  • 15 June 2016
  • Bagikan :
    | June 15, 2016 2:51 pm



    Memasuki bulan Ramadan, banyak orang yang mulai meninggalkan kebiasaan latihan rutin mereka selama satu bulan. Namun, tahukah Anda bahwa hal ini sebenarnya sama sekali tidak benar?

    Olahraga atau latihan tetap dibutuhkan saat kita sedang berpuasa, setidaknya kita bisa melakukan beberapa latihan ringan sekitar 20-30 menit. Hal ini menurut Ahli Kebugaran bisa membantu Anda tetap segar sepanjang hari.

    Ketika Anda berpuasa selama satu bulan, kemudian Anda meninggalkan rutinitas olahraga harian selama satu bulan juga, ini akan membuat tubuh menjadi tidak sehat dan akan merusak skala kebugaran Anda.

    Perlu diingat bahwa latihan tidak boleh berhenti di tengah jalan, untuk mencapai kesehatan tubuh dan pikiran. Jadi, yang harus Anda coba sekarang ialah menyesuaikan waktu untuk latihan saat sedang berpuasa.

    Selain itu, ketika ingin tetap latihan selama bulan Ramadan, Anda harus memenuhi kebutuhan buah dan cairan yang lebih banyak saat berbuka puasa. Misalnya satu buah pisang, setengah cangkir susu, segelas air dan beberapa potong semangka atau pepaya.

    Berikan sekitar satu jam untuk istirahat sebelum Anda pergi ke gym atau mulai latihan Anda . Setelah latihan, berikan sekitar 45 menit sampai satu jam dari untuk meredakan tubuh dan kemudian memiliki makanan yang tepat.

    Nah, ikuti tips bagaimana latihan yang tepat pada saat ramadan agar tubuh bisa tetap swhat dan bugar sepanjang hari, dilansir dari Boldsky.

    1. Jangan latihan saat sedang waktunya berpuasa

    Tidak dianjurkan untuk berolahraga atau pergi ke gym selama waktu puasa, khususnya pada waktu perut kosong. Ini akan membakar seluruh energi yang tersimpan dalam tubuh Anda dan akan membuat Anda semakin lemas.

    2. Waktu terbaik untuk olah raga

    Anda bisa latihan dengan waktu 20-30 menit pada bulan Ramadan. Sementara waktu terbaik untuk mulai latihan adalah sekitar satu jam setelah Anda berbuka, setelah mengonsumsi beberapa buah-buahan ringan dan air.

    3. 10 menit latihan cardio

    Hanya sekitar 10 menit berjalan kaki, bersepeda atau menggunakan treadmill selama bulan Ramadan, akan membantu meningkatkan stamina dan juga membantu membakar kalori.

    4. 10 menit latihan bebas

    Anda tak harus pergi ke gym untuk tetap fit selama bulan Ramadan. Anda bisa melakukan latihan bebas seperti squat dan push up di rumah. Ini tetap membantu membuat tubuh memjadi fleksibel.

    5. 10 menit pemanasan

    Selama puasa, otot-otot umumnya menjadi kaku. Sedikit lakukam latihan peregangan selama 10 menit dapat membantu memberikan fleksibilitas untuk tubuh dan juga detoksifikasi tubuh.