home ×
Technology

Tiga Langkah Mudah Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Android

14 June 2017 By
Tiga Langkah Mudah Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Android
Share
Share
Share
Share

Jendela homescreen atau layer menu pada smartphone Android yang penuh sesak, membuatnya menjadi tidak sedap dipandang. Dan sayangnya, penuhnya tampilan tersebut banyak diisi oleh aplikasi yang jarang digunakan atau malah tidak pernah dipakai sama sekali.

Dan sayangnya, menghapus aplikasi dengan melakukan uninstall dari smartphone bukanlah jawaban yang tepat, jika tujuannya hanya untuk melihat homescreen terlihat lebih luas. Pasalnya, jika suatu saat aplikasi tersebut digunakan akan menjadi merepotkan jika harus diinstall kembali.

Cara mudah yang dapat dilakukan pengguna untuk melihat tampilan layar lebih luas, terutama yang telah tertutup karena banyaknya aplikasi dalam jendela adalah dengan menyembunyikannya. Hal ini bisa Anda manfaatkan melalui beragam cara di bawah ini.

Nova Launcher

Bukan hal yang sulit untuk memperindah tampilan homescreen di smartphone Android Anda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan aplikasi launcher yang bertebaran di toko aplikasi PlayStore. Namun, ada aplikasi launcher yang memiliki banyak manfaat, selain mempercantik tampilan launcher ini pun cukup smooth untuk digunakan dan bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi pada desktop.



Nova launcher banyak direkomendasikan pengguna Android, karena kemampuannya untuk menyembunyikan aplikasi dengan pilihan yang sederhana dan intuitif. Buka aplikasi Nova dan buka laci aplikasi. Kemudian masuk dalam menu pengaturan Nova> lambang App & widget> Sembunyikan Aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, dan mereka tidak akan muncul lagi di homescreen smartphone Anda.

File Expert

Aplikasi file expert memiliki antarmuka pengguna yang cantik dan sekaligus menjadi daya tarik pengguna. Dan tak sedikit aplikasi ini dianggap paling baik diantara aplikasi pengatura file yang ada. Di dalamnya Anda bisa melakukan pengelolaan dan penanganan aplikasi pada smartphone Android dengan mudah.

Selain itu, aplikasi ini juga juga mampu mengelola file di jaringan Wi-Fi lokal atau perangkat penyimpanan awan seperti Dropbox dan SkyDrive. Aplikasi ini menampilkan semua operasi file dasar (misalnya menyalin, menghapus, membuat, atau mengubah nama) untuk folder dan file Anda.



File Expert juga merupakan file explorer root lengkap yang bisa memindai folder dan direktori sampai ke level root. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk perangkat  Android yang sudah dilakukan rooting dan hanya ada di versi pro aplikasi. Meskipun demikian, ini adalah aplikasi yang hebat, mengingat tidak menampilkan iklan apa pun. 

Fitur lainnya termasuk dukungan NFC, kemampuan Bluetooth, manajer arsip, dan penampil gambar untuk disembunyikan dan diproteksi dengan baik.

Mengubah format

Ada cara yang paling mudah untuk menyembunyikan secara keseluruhan folder tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Melalui cara ini, tentunya bukan hanya aplikasi melainkan foto bisa dibuat tidak muncul di galeri, file Audio tidak muncul dalam aplikasi pemutar mumsik bahkan hingga dokumen tidak muncul dalam aplikasi pengeditan.

Cara kerja pengubahan ini sebenarnya bekerja dengan sistem tidak menyembunyikan file, namun hanya bekerja dengan mengganti nama folder yang ada dalam smartphone Anda sehingga sistem akan mengabaikannya secara langsung.

Untuk melakukannya, Anda bisa masuk dalam menu pengelolaan file pada android kemudian klik folder yang ingin diubah. Anda pun sebenarnya tidak perlu mengubah keseluruhan nama folder tersebut, tetapi cukup menambahkan tanda titik (.) pada bagian depan nama, seperti misal ‘.systeminfo’ atau lainnya.

The post Tiga Langkah Mudah Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Android appeared first on ArenaLTE.com.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id