home ×
Technology

Tiga Pilar Telkom untuk Menjadi Raja Digital

23 November 2017 By
Tiga Pilar Telkom untuk Menjadi Raja Digital
Share
Share
Share
Share

Senada dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mencanangkan ekonomi digital Indonesia menjadi terbesar di Asia Tenggara, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk pun demikian.

Namun untuk menjadi the King of Digital in the Region tidaklah mudah. Sadar akan hal itu, Telkom kemudian bekerjasama dengan sejumlah mitra untuk berkolaborasi mewujudkan layanan digital terbaik.

"Semua layanan digital ini harus memberikan manfaat yang luas baik bagi perusahaan dan bangsa, sehingga Ekosistem Digital akan tercipta untuk mewujudkan pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia yang berkelanjutan,” kata ujar Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun, saat membuka Digi Summit 2017 di Ritz Carlton, Jakarta (23/11).

Digi Summit sendiri merupakan acara tahunan Telkom Group yang mengumpulkan pembicara dari berbagai kompetensi, praktisi, regulator hingga konsultan dari dalam dan luar negeri.

Di Digi Summit 2017 hadir sebagai pembicara yakni, Direktur Bank BRI Indra Utoyo, CEO Cellum International DR Janos Koka, CEO Lotus Flare Sam Gadodia, Direktur Digital Finance Innovation dan Micro Finance Development Group OJK Fithri Hadi dan juga pimpinan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika RI.

Melalui acara ini Telkom Group juga memperkuat pilar bisnis digital dengan menggandeng beberapa pihak, dengan Cellum International misalnya.

Perusahaan yang berpusat di Hungaria itu akan menjadi mitra Telkom Group dalam bidang Fintech untuk pelanggan enterprise. Kemudian untuk memperkaya Ecommerce Telkom Group bekerjasama dengan perusahaan lokal ADW.

Kemudian untuk pilar kedua, yakni digital bagi pelanggan perorangan seperti layanan game, video, music hub, serta browser. Telkom Group akan menyajikan layanan tersebut melalui anak perusahaan Melon dan Metranet yang didukung mitra penyedia platform and konten.

Melalui Metranet, anak usaha Telkom dengan bisnis alat bayar game, Telkom Group menggandeng Agate sebagai mitra yang akan membangun ekosistem game dan juga publisher game international seperti GameLoft dan Garena.

Kemudian pilar lainnya adalah yakni entertainment hub, Telkom Group akan membangun video hub berbasis advertising dan subscription dengan menggandeng beberapa mitra penyedia konten video dan musik diantaranya HOOQ, Muvinow, Goers dan Finnet untuk memudahkan pembayaran pengguna.

Selain memperkuat pilar-pilar bisnis yang sudah ada, melalui Digi Summit 2017 Telkom Group juga memperkenalkan sejumlah layanan dgital terbaru untuk pelanggan enterprise, seperti Xooply dan Xsight.

Xooply merupakan platform B2B Marketplace yang memudahkan perusahaan melakukan transaksi secara online (e-commerce).

Xooply.com nantinya merupakan platform B2B e-Marketplace pertama yang mengagregasikan kebutuhan pengadaan maintenance, repair, and operations (MRO) dari BUMN, BUMD dan K3S.

Kemudian pelanggan enterprise dan developer juga dapat memanfaatkan analitik Big Data dan API Telkom Group yang bisa diakses online dan self-service melalui layanan web Xsight.

Xsight dapat mempermudah keputusan bisnis perusahaan dan juga membantu developer membangun aplikasinya.

Telkom Fokus Garap Bisnis Digital melalui Digi Summit

Di bidang advertising, melalui layanan “Aim Right”, TelkomGroup berupaya memudahkan pelanggan korporasi untuk mengirimkan informasi produk berbagai format melalui aplikasi telepon selular kepada profil pengguna sesuai target penerima informasi.

Layanan Xooply, Xsight dan Aim Right ini akan dapat dinikmati pelanggan pada Desember 2017. Seperti yang dijelaskan dalam siaran pers yang diterima uzone.id, Kamis (24/11).

Khusus untuk konsumen rumahan, Telkom Group memperkenalkan USearch, browser terkini yang telah disesuaikan untuk melindungi anak-anak dari konten pornografi, cybercrime, rasis dan konten-konten negatif lainnya.

Telkom Group juga memperkenalkan HOOBEX dan OONA yang merupakan layanan “Twin OTT Platform” untuk entertainment.

Hoobex akan memanjakan pelanggan dengan layanan video dan music premium dengan cara berlangganan. Layanan ini dilengkapi dengan OONA yang akan memiliki puluhan atau ratusan kanal TV/linear channel yang bisa dinikmati pelanggan secara gratis dan berbasis programmatic advertising.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id