icon-category Digilife

TikTok Bakal Gandeng Kemdikbud untuk Program Literasi Digital

  • 28 Feb 2020 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Birgitta Ajeng/Uzone.id)

    Uzone.id - TikTok, platform video singkat dari China, berencana menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia untuk program literasi digital.

    Head of Public Policy TikTok Indonesia, Malaysia, Philippine, Donny Eryastha mengatakan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan kerja sama tersebut.

    “Intinya ada beberapa prioritas yang ingin kita kejar, pertama adalah literasi digital, bagaimana agar generasi muda pada saat mereka berinternet dan menggunakan TikTok itu mereka aman dan nyaman,” ujarnya dalam peluncuran program "Sama-Sama di TikTok" di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

    Baca juga: TikTok Luncurkan Program Baru untuk Rayakan Keberagaman Indonesia

    Sebagai informasi, program "Sama-Sama di TikTok" bertujuan untuk menyarankan keberagaman di TikTok. Program Sama-Sama di TikTok ini diwujudkan untuk merayakan keberagaman kreator serta konten yang ada di TikTok.

    Terkait kerja sama TikTok dengan Kemendikbud, Donny menjelaskan lebih lanjut bahwa ada beberapa hal yang menjadi prioritas, yaitu literasi digital di kalangan generasi muda dan mendorong mereka untuk lebih aktif dalam membuat konten kreatif.

    “ada beberapa prioritas yang ingin kita kejar, pertama adalah literasi digital, bagaimana agar generasi muda pada saat mereka berinternet dan menggunakan TikTok itu mereka aman dan nyaman,” ujar Donny.

    Baca juga: Pemblokiran Ponsel Ilegal, Apa yang Harus Dilakukan Warga Indonesia?

    Ia menambahkan, “Terus juga kita ingin mendorong mereka untuk lebih aktif dalam membuat konten. Jadi membuat konten digital yang kreatif untuk tujuan positif.”

    TikTok dan Kemendikbud sudah banyak berdiskusi terkait kerja sama tersebut. Tentu saja, program mereka akan menyasar orang-orang berusia 14-24 tahun. Ketika ditanya waktu pasti soal kerja sama tersebut, Donny tidak memberikan jawaban pasti. “Ditunggu saja, segera,” ucapnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini