home ×
Startup

Tim Engineer Tokopedia Ungkap Cara Mengoptimalkan Web dan Aplikasi

20 May 2021 By
Tim Engineer Tokopedia Ungkap Cara Mengoptimalkan Web dan Aplikasi
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Tokopedia kembali menggelar webinar Start Summit Extension yang digelar hari ini, Kamis (20/5/2021) pukul 16.00-17.30 WIB dan disiarkan lewat platform Tokopedia Play dan kanal YouTube Tokopedia.

Nah, bagi yang belum tahu apa itu Start Summit Extension, ajang ini merupakan konferensi teknologi virtual yang dihadirkan oleh Tokopedia melalui Tokopedia Academy.

Kali ini, Start Summit Extension mengambil tajuk "Bagaimana Produktivitas Teknik Mengoptimalkan Rilis Web dan Aplikasi Tokopedia", dengan menghadirkan dua Srikandi Tokopedia: Fanny Budiman (Test Engineer Lead – Web, Tokopedia) dan Elly Susilowati (Test Engineer Lead – iOS, Tokopedia).

BACA JUGA: GoTo Financial Diharapkan Bawa UMKM ke Tingkat Asia Tenggara

Topik yang akan dibahas nantinya akan fokus pada lima poin, yakni:

Pertama, mengenai gambaran besar dari proses pengembangan di web dan aplikasi.

Untuk dua hal tersebut, tim Tokopedia mengatakan akan menguji di beberapa lingkungan terlebih dahulu, sebelum masuk produksi sehingga bisa bekerja sempurna.

Kedua, isu soal pemeriksaan pra-rilis agar perubahan web dan aplikasi bisa disetujui.

Menurut tim Tokopedia, hal ini penting dilakukan karena segala sesuatu dapat dicapai oleh pengguna akhir yang bebas bug (masalah).   

Ketiga, mengenai Tokopedia memiliki daftar periksa setelah web dan aplikasi baru dirilis.

Tim Tokopedia mengatakan, platformnya tidak cuma punya daftar periksa setelah rilis, namun juga saat web dan aplikasi masih pada tahap produksi. Hal itu untuk memastikan semua yang dihasilkan bisa bekerja dengan stabil.

Keempat, menyinggung penerapan sistem yang tidak sempurna.

Tim Tokopedia mengatakan, tentu saja sistem tidak ada yang sempurna. Bahkan, kata tim, mereka menerapkan prosedur pra-pemeriksaan sebelum merilis web dan aplikasi karena mungkin ada sesuatu yang terjadi saat produksi. Jadi, Tokopedia merasa penting memiliki SOP untuk mencegah hal yang buruk terjadi.   

Kelima, mengenai Tokopedia menggunakan alat pemantauan untuk memeriksa dan sesudah rilis.

Tim Tokopedia mengatakan bahwa perusaan punya beberapa alat dan dasbor untuk membantunya mengatasi masalah lebih dini. Tim mengakui jika mereka cuma manusia biasa dan mereka butuh sistem untuk memantau platform-nya secara real time setiap saat.

Itu dia lima poin yang akan dibahas dalam webinar Start Summit Extension yang akan digelar sore nanti. Jadi, sayang kalau sampai kamu lewatkan.

 

 

 

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id