Sponsored
Home
/
Digilife

Tipe-Tipe Pembeli di E-Commerce Saat Bulan Puasa, Kamu yang Mana?

Tipe-Tipe Pembeli di E-Commerce Saat Bulan Puasa, Kamu yang Mana?
Preview
Vina Insyani08 March 2023
Bagikan :

Uzone.id — Kurang lebih satu bulan lagi, muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa. Pastinya, ada berbagai persiapan menjelang Ramadan kali ini, tak terkecuali berbelanja untuk keperluan sahur dan berbuka.

Tren berbelanja tahun ini diprediksi akan tetap mengandalkan e-commerce sebagai pilihan utama berbelanja kebutuhan Ramadan.

Menurut laporan Tokopedia, Kamis, (23/02), 68 persen masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja online lebih banyak selama Ramadan.

Baca juga: Strategi Tokopedia Penuhi Kebutuhan Seller dan Buyer Selama Ramadan 2023

Dari sekian banyak pengguna e-commerce, tentunya ada beberapa tipe pembeli yang dapat ditemukan sesuai dengan habit mereka seperti 4 tipe berikut ini.

Undecided Customer. Pelanggan yang satu ini biasanya hanya membuka aplikasi e-commerce namun belum memiliki niat untuk membeli apapun, alias scrolling untuk melihat produk-produk menarik.

Prospective Customer. Pelanggan yang satu ini sudah memutuskan untuk membeli sesuatu ketika membuka aplikasi. Tapi, mereka masih banyak pertimbangan soal promosi, merk, waktu belanja dan lain-lain. Mereka biasanya menunggu timing dan diskon yang pas sebelum melakukan transaksi.

Loyal Customer. Pelanggan yang ini adalah mereka yang membuka aplikasi karena telah memutuskan apa yang ingin mereka beli, dan langsung melakukan transaksi saat itu juga.

Baca juga: Melissa Siska Juminto, ‘Mother of Dragons’ yang jadi Bos Baru Tokopedia

Impulsive Customer. Nah yang satu ini cukup familiar nih. Pelanggan yang satu ini akan segera membuka aplikasi e-commerce setelah melihat iklan promosi atau produk di media sosial. Tipe yang satu ini juga cenderung langsung melakukan transaksi karena punya prinsip ‘Lebih banyak menyesal beli, daripada menyesal tidak membeli.’

Tahun 2023 ini, pelanggan e-commerce diprediksi akan banyak belanja produk di kategori fashion, makanan dan minuman, kesehatan, otomotif dan aksesoris, rumah tangga, hampers dan dekorasi, bumbu dan peralatan masak, gaming, perlengkapan travel, dan kecantikan.

populerRelated Article