icon-category Auto

Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh Saat Libur Nataru

  • 20 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) banyak yang memanfaatkan momen ini untuk berpergian. Bahkan tidak sedikit pecinta roda dua yang melakukan perjalanan jauh alias touring.

Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora mengatakan saat perjalanan jauh menggunakan motor harus mempersiapkan banyak hal agar aman saat di perjalanan.

“Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan jarak dekat maupun jauh menggunakan sepeda motor wajib untuk mempersiapkan segala sesuatu hal saat kita berkendara. Mulai dari persiapan kendaraan, perlengkapan berkendara, persiapan diri, dan rencana perjalanan," ujar Ludhy dalam keterangan tertulis.

Ludhy pun memberikan tips apa saja yang harus dilakukan bagi pengendara motor ketika melakukan perjalanan jarak jauh.

alt-img

Pertama adalah pastikan kondisi motor dalam keadaan baik, mulai dari mesin, ban, rem, lampu, dan spion. Jika diperlukan, lakukan servis kendaraan terlebih dahulu di bengkel terpercaya agar tetap aman dan nyaman saat digunakan.

Selanjutnya, sebelum berangkat sebaiknya lakukan persiapkan rute perjalanan yang akan dilalui. Pengendara dapat menggunakan smartphone untuk menentukan jalur yang paling mudah dilalui dan memakan waktu paling sedikit agar efektif dan efisien.

Mengetahui rute perjalanan dapat menentukan titik peristirahatan selama perjalanan. Mengingat istirahat di sela-sela berkendara dapat membantu pengendara untuk tetap fokus.

Ludhy juga menyarankan untuk melakukan istirahat setiap 2 jam perjalanan untuk mencegah terjadinya kelelahan yang dapat menjadi penyebab utama kecelakaan. Di sisi lain juga pastikan tubuh terhidrasi dengan baik dengan cukup minum dan mengkonsumsi makanan bergizi.

Manajemen barang juga perlu diperhatikan ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor. Usahakan membawa barang yang diperlukan saja, sehingga beban yang dibawa tidak melebihi kapasitas yang seharusnya pada motor.

Jika menggunakan tas punggung, pastikan ukurannya sesuai dengan bahu pengendara agar terlihat oleh pengendara lain. Alternatif lainnya bisa menggunakan tas di tangki motor atau menggunakan box tambahan di bagian belakang.

Kemudian juga selalu perhatikan untuk membawa jas hujan di dalam motor, sehingga kita siap menghadapi kondisi cuaca saat hujan.

“Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, yang paling penting saat melakukan perjalanan mudik jauh adalah menggunakan riding gear yang aman dan nyaman. Pastikan selalu menggunakan helm, jaket, dan riding gear lainnya saat berkendara selama di perjalanan untuk selalu aman saat naik motor,” tutup Ludhy.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini