icon-category Auto

Tips Anti Ngantuk Saat Berkendara Motor Jarak Jauh

  • 21 Jun 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Konsentrasi menjadi hal paling penting dalam setiap kegiatan berkendara sepeda motor, terutama dengan jarak yang jauh. Tidak jarang pengendara merasa kantuk saat perjalanan yang tentunya dapat mengganggu keselamatan.

Terdapat beberapa tips yang bisa digunakan agar berkendara dalam jarak yang jauh tetap segar dan fokus dari Yamaha Riding Academy.

1. Istirahat yang cukup

Sebelum perjalanan, tidur yang cukup dapat menjadi salah satu faktor utama untuk mengantisipasi rasa ngantuk saat berkendara. Kelelahan fisik dan mental menjadi faktor utama pengendara rentan terhadap rasa kantuk.

2. Beristirahat saat perjalanan

Selama perjalanan jarak jauh, disarankan untuk berhenti sejenak maksimal setiap 2 jam. Namun jika kurang dari 2 jam badan sudah merasa ngantuk, disarankan untuk tetap beristirahat.

Sesuaikan kondisi tubuh dengan gunakan waktu istirahat ini untuk meregangkan badan, menghirup udara segar, dan mengonsumsi makanan ringan untuk mengisi kembali energi.

3. Konsumsi makanan ringan

Hindari makanan berat atau berlemak sebelum berkendara, pilih makanan ringan yang sehat dan kaya akan karbohidrat kompleks. Pengendara dapat mengandalkan buah-buahan, kacang-kacangan, atau roti gandung yang diyakini dapat membantu menjaga tingkat gula darah tetap stabil.

4. Hindari konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol atau obat-obatan yang dapat menyebabkan kantuk harus dihindari selama perjalanan. Alkohol dan obat-obatan diyakini memiliki efek kantuk dan dapat mengganggu kemampuan berkendara Anda.

5. Kenakan pakaian yang nyaman

Pakaian juga dapat berpengaruh kepada pengendara, pilih yang tidak terlalu ketat agar tak mengganggu pergerakan saat berkendara. Pastikan juga pakaian cukup longgar untuk memberi sirkulasi udara yang baik agar tubuh tetap segar.

6. Manfaatkan ventilasi helm

Ventilasi helm usahakan dalam kondisi terbuka untuk memberikan aliran udara yang cukup ke kepala. Udara segar akan menjaga konsentrasi dan mengurangi risiko rasa kantuk.

7. Lakukan peregangan fisik

Sebelum berkendara dan memulai perjalanan, pengendara dapat melakukan peregangan fisik selama beberapa menit. Hal ini dapat membantu meningkatkan energi pengendara dan meningkatkan kewaspadaan saat berkendara.

Jika hal-hal di atas sudah dilakukan dan tetap merasa kantuk, artinya tubuh butuh istirahat. Disarankan untuk segera menemukan tempat yang aman untuk istirahat sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini