home ×
Startup

Tips Belajar Online untuk Persiapan PAT

07 June 2021 By
Tips Belajar Online untuk Persiapan PAT
Share
Share
Share
Share

Photo by Firmbee.com on Unsplash

 

Uzone.id - Sudah lebih dari satu tahun dunia diselimuti pandemi, dan para pelajar Indonesia pun sudah terbiasa dengan belajar online. Belajar dari rumah tentu saja punya tantangan tersendiri karena kemungkinan kamu bisa terganggu oleh hal-hal lain, seperti tiba-tiba akses internet terbatas hingga ada masalah pada gadget kamu.

Oleh sebab itu, untuk tetap bisa fokus belajar online dalam mempersiapkan Penilaian Akhir Tahun (PAT), berikut ini beberapa kiat yang bisa kamu lakukan:

  1. Area belajar

Kamu perlu bikin batasan antara area khusus belajar dan area bersantai agar bisa membantu kamu tetap fokus belajar dari rumah. Ini bisa membantu kamu menahan tekanan akademis ke ruang belajar.

Kalau sudah di area khusus belajar, buka platform Pijar Sekolah yang disediakan oleh sekolahmu. Di situ kamu bisa mengakses buku pelajaran digital, mencoba mengerjakan tugas secara digital, dan tentunya mengakses nilai yang kamu dapatkan dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah sebagai penyemangat kamu mendapatkan nilai terbaik di PAT nanti.

  1. Buku catatan kelas online

Sebaiknya hindari ponsel kamu dengan mematikan notifikasi dari pesan dan media sosial di komputer kamu, dan menutup situs web yang tidak relevan agar kamu fokus belajar. Kamu juga sebaiknya membuat catatan kelas online untuk membantu tangan kamu sibuk sehingga fokus kamu kepada konten kelas.

Agar lebih ringan, kamu bisa melihat buku digital yang disediakan sekolah kamu di platform Pijar Sekolah. Bagi siswa, buku digital merupakan harta yang paling berharga di era pandemi ini. Tidak perlu repot menyimpan buku tersebut karena bisa diakses melalui smartphone atau website Pijar Sekolah.

  1. Jaga rutinitas dan aktivitas fisik

Kamu perlu siapkan waktu untuk sesi istirahat untuk bangun, bergerak, dan mengaktifkan berbagai kegiatan otak kamu. Kamu bisa melakukan peregangan, berjalan di sekitar ruangan dan melihat pemandangan di luar jendela.

  1. Jangan lupakan waktu sosial kamu

Membangun waktu sosial sepanjang hari bisa memotivasi kamu untuk tetap fokus saat belajar. Kamu bisa mengatur waktu ketika kamu kurang produktif untuk bertemu teman dan keluarga. Di masa pandemi ini, kamu bisa memanfaatkan panggilan video untuk terhubung dengan mereka.

Usai bersosialisasi, jangan lupa untuk mengakses buku digital kamu di Pijar Sekolah sesekali selama satu jam agar tidak lupa pelajaran yang akan menjadi soal di PAT nanti.

  1. Makan sehat dan tidur cukup

Kamu perlu memilih makanan saat makan siang, namun tidak membuat kamu tertidur setelahnya. Tidurlah setidaknya 7-8 jam di malam hari. Itu membantu kamu bangun dengan kondisi badan yang segar dan siap memulai belajar.

  1. Hindari multitasking

Kamu bisa menentukan waktu yang kurang produktif untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Atur jadwal kamu sehingga kamu bisa fokus belajar, bersantai, dan berolahraga.

Sekolah yang baik akan menyediakan sarana belajar yang memadai sesuai dengan kebutuhan terkini. Di masa pandemi ini, Pijar Sekolah merupakan salah satu platform yang bisa diandalkan oleh sekolah untuk bisa memberikan sarana belajar digital yang lengkap. Mulai dari manajemen data sekolah yang terorganisir menjadi satu, ujian sekolah berbasis aplikasi, buku sampai perpustakaan digital.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id