home ×
Technology

Tips Dan Trik Tingkatkan Kemampuan Audio Smartphone

22 July 2017 By
Tips Dan Trik Tingkatkan Kemampuan Audio Smartphone
Share
Share
Share
Share

Fungsi lain dari sebuah smartphone yaitu sebagai “music player”. Mendengarkan musik bisa dilakukan dengan berbagai cara, menancapkan headphone di telinga atau menggunakan loudspeaker.

Namun sayangnya semburan suara musik dari smartphone tetap saja masih terdengar kurang maksimal, bahkan ada beberapa smartphone yang memiliki kualitas audio yang sangat jelek.

Jika kalian merasa kualitas audio smartphone yang digunakan masih kurang, ternyata ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan audio smartphone yang kita miliki.

Ikuti beberapa tips dan trik tingkatkan kemampuan audio smartphone berikut ini untuk meningkatkan volume dan kualitas audio smartphone tanpa harus menggantinya dengan smartphone baru.

Tips Dan Trik Tingkatkan Kemampuan Audio Smartphone

audio-smartphone-musik-music

Periksa pengaturan audio dalam smartphone (setting audio phone)

Banyak pengguna smartphone yang tidak memaksimalkan fitur standar pengaturan audio dalam smartphonenya. Padahal pengaturan audio standar sudah disediakan dalam smartphone, langkah sederhana ini cukup efektif meningkatkan kualitas suara smartphone kita.

Cukup masuk ke menu setting lalu pilih menu “sound and vibration”, didalamnya juga akan didapati pengaturan “volume” berupa slider yang dapat kita atur untuk meningkatkan kualitas audi0 smartphone kita saat memutarkan berbagai file multimedia.

Pengguna android juga bahkan bisa mengatur “Sound quality and effects” untuk memunculkan equalizer android yang bisa diatur sesuai dengan keinginan kita agar semburan suara audio smartphone makin asyik.

audio-smartphone-musik-music

Gunakan Aplikasi Volume Booster

Ada banyak aplikasi Volume Booster dan aplikasi peningkat kualitas audio smartphone android lainnya yang bisa kita instal dari Google Play Store. Kebanyakan aplikasi ini sangat efektif untuk meningkatkan kualitas dan volume audio smartphone kita salah satunya yaitu Volume Booster buatan Porrassoft yang bisa meningkatkan volume smartphone hingga 40%.

Bersihkan Speaker Smartphone 

Banyak pengguna smartphone yang menggunakan aksesoris casing tambahan untuk membungkus smartphone. Ada kemungkinan casing ini menutupi lubang load speaker yang membuat semburan suara kurang maksimal.

Jika tidak, coba periksa lubang-lubang load speaker apakah terhalang debu atau partikel kotoran lainnya, bersihkan agar suara dapat keluar dengan sempurna. Jika kalian menggunakan headphone coba bersihkan jack konektor headset, cara sederhana ini sangat efektif meningkatkan kualitas suara smartphone kita.

audio-smartphone-musik-music

Coba gunakan aplikasi audio dan musik pihak ketiga

Ada banyak pilihan aplikasi pemutar musik di Google Play Store, pilih  yang bagus karena dapat meningkatkan kualitas audio lebih baik. Pilih aplikasi pemutar musik yang digunakan oleh banyak orang dan mempunyai komentar rekomendasi baik seperti diantaranya  BlackPlayer, jetAudio HD, MediaMonkey, dll.

Aplikasi pihak ketiga ini memberikan berbagai pengaturan equalizer dan mampu meningkatkan kemampuan headphone yang kita gunakan. Gunakan juga aplikasi headphone volume booster seperti 10 Band Equalizer, Equalizer FX, dan Music Bass booster.

Kemampuan Audio Smartphone

Gunakan Headphone yang berkualitas

Ini mungkin cara paling mudah untuk meningkatkan kualitas audio smartphone dan juga cara yang paling mahal. Karena harga headphone yang berkualitas cukup mahal, namun jika kita cermet memilihnya kita bisa mendapatkan headphone berkualitas yang sesuai dengan kantong kita.

Headphone berkualitas ini memiliki faslitas ekstra seperti noise cancelation yang meredam gangguan suara dari luar di telinga dan berbagai faslitas lainnya. Bahkan ada beberapa fitur khusus smartphone yang hanya bisa dinikmati dengan headphone dan kita bisa aktifkan seperti HiFi audio, Bass Booster dan efek khusus lainnya.

The post Tips Dan Trik Tingkatkan Kemampuan Audio Smartphone appeared first on ArenaLTE.com.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article