icon-category Auto

Tips Cerdas Beli Mobil Bekas, Awas Malah Buntung!

  • 16 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Mobil bekas di Carro (Foto: Uzone.id)

    Uzone.id - Kadang, membeli mobil bekas bukannya untung malah jadi buntung, alih-laih mendapat harga yang jauh lebih murah dibandingkan mobil baru.

    Banyak jebakan batman mengintai saat kita memutuskan beli mobil bekas, termasuk bekas banjir, bekas tabrakan atau pemilik lama asal-asalan dalam merawat mobil.

    Nah, bagi kamu yang ingin membeli bekas sebaiknya baca dulu beberapa tips yang diberikan oleh Aditya Lesmana, CEO dan Co-founder Carro, saat diwawancara Uzone.id, belum lama ini.

    BACA JUGA: Sejarah Baru, Toyota Fortuner Resmi Ekspor ke Australia

    Menurut Aditya, membeli mobil bekas tidak berbeda jauh dibandingkan membeli mobil baru. Yang berbeda, membeli mobil baru lebih gampang.

    Pertama, cek bujet konsumen. Kamu jangan mencoba membeli sesuatu yang di luar jangkauan bujet yang kamu miliki karena itu akan menjadi masalah di kemudian hari.

    "Pastilah cek bujet," kata Aditya.

    Kedua, pastikan melakukan riset lebih mendalam, bisa melalui situs, apakah kamu perlu mobil dua pintu, apakah saya perlu mobil keluarga sehingga butuh yang lebih besar.

    "Dari hasil riset tersebut, konsumen dapat yang cocok, apa yang mereka beli. Kan tinggal mencari penjual mobil yang terpercaya," tutur Aditya.

    BACA JUGA: Joan Mir dan Alex Rins Tunggangi Suzuki NEX II dan NEX Crossover

    Pasalnya, kata Aditya, untuk mobil bekas sendiri dibandingkan mobil baru, pertama kita gak tahu sejarahnya, sehingga yang tahu cuma penjual atau yang memakai mobil sebelumnya.

    "Pastikan mencari penjual yang dapat dapat dipercaya memastikan bahwa mobil itu sendiri tidak bekas banjir, tidak bekas kecelakaan dan dokumennya tuh valid, tidak bekas kasus," kata dia.

    Dirinya mengaku sudah melihat banyak banyak orang yang sudah menghadapi kasus tersebut dan memang mencari mobil bekas tidak gampang, meskipun sudah melakukan perencanaan, riset, dan mencari.

    "Jadi kalau mereka mau yang gampang lebih cepat ya datang aja ke Carro kami pastikan mobilnya tersebut memang layak dan bagus buat orang beli dan gunakan. Dan dari sisi harga, harga di Carro tuh bisa bersaing walaupun bukan paling murah, tapi paling fair lah," kata Aditya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini