home ×
Digilife

Tips Eksis #SamaSamaBerbagi ala Seleb TikTok

15 April 2021 By
Tips Eksis #SamaSamaBerbagi ala Seleb TikTok
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Bulan Ramadan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai. Banyak yang merasa suntuk akibat tidak dapat bergabung dan bertemu dengan teman atau sanak saudara untuk merayakan bulan Ramadan. Untuk memeriahkan bulan Ramadan, TikTok hadirkan program #SamaSamaBerbagi bagi para pengguna, content creator, atau pemula yang ingin terjun menjadi content creator.

Mengusung konsep online festival, pengguna dapat mengunjungi virtual booth yang disediakan di TikTok melalui halaman Explore. Program ini akan dimulai dari 5 April hingga 16 Mei 2021. Terdapat beberapa tagar yang diberikan spotlight oleh TikTok yaitu #KulinerRamadan, #InspirasiRamadan, #GayaRamadan, dan lain-lain.

Selain tagar populer, terdapat stiker dan musik spesial Ramadan untuk mendukung kreativitas pengguna dalam membuat konten. Selain itu, TikTok akan menggelar Ramadan Live Sales Sessions bagi pelaku bisnis yang ingin mempromosikan bisnisnya di ekosistem TikTok yang unik.

Apabila kalian tertarik untuk memulai menjadi seorang content creator, pada 15 April 2021 melalui konferensi pers TikTok #SamaSamaBerbagi, Dims the Meat Guy dan Jihan Sahira membagikan beberapa bocoran agar video kalian bisa masuk For Your Page atau meraih lebih banyak followers (pengikut).

1. Temukan kesenangan, minat serta jati diri
Dimas (@DimsTheMeatGuy) menyampaikan bahwa cara agar bisa menikmati pekerjaan sebagai content creator adalah dengan membuat konten mengenai hal yang kita sukai terlebih dahulu. Apabila kita menyukai sebuah hal, tentu kita akan lebih termotivasi untuk mengeksplorasi minat tersebut dan menjadikannya sebagai konten di platform seperti TikTok.
Jihan Sahira sebagai creator kategori Fashion juga memulai minatnya dari mix and match pakaian yang ia miliki. Seiring berjalannya waktu, ia makin menyukai untuk membuat video seputar fashion Hijab, tips berpakaian, serta unboxing barang kiriman dari brand yang mengajaknya bekerja sama.

2. Konsisten dan kembangkan kemampuan seperti public speaking, acting dll
Setelah menemukan minat, kalian harus tetap konsisten dalam memproduksi video yang kalian buat. Konsistensi dalam format video, isi konten, tema video, kestabilan kamera dan kejernihan audio menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Selain konsistensi, terus kembangkan kemampuan yang sudah kalian miliki. “Aku melalui TikTok seiring waktu jadi belajar public speaking, acting buat gimmick di video, dan sebagainya” ujar Dimas.

3. Tentukan Branding yang akan diingat oleh penonton
Branding bisa berkaitan dengan poin pertama yaitu menemukan jati diri terlebih dahulu. Cari dan gali potensi diri serta tentukan sisi seperti apa yang ingin kalian tunjukkan ke penonton nantinya. Tujuan dari branding adalah untuk menciptakan kesan terhadap diri kalian di mata penonton. Sebagai contoh, Dimas dikenal sebagai orang yang senang membuat konten masakan seputar daging saja dan Jihan sebagai inspirasi Outfit of the Day (OOTD) busana bagi pengguna hijab.

4. Kreatif dan orisinil
Tentu sudah banyak ide yang telah dipaparkan oleh para creator lain dan hal itu tidak menjadi masalah karena bisa saling memberikan inspirasi. Kalian dapat berkolaborasi dalam membuat konten agar tidak monoton dan menjaga orisinalitas konten yang kalian buat. Selain itu, Dimas mengungkapkan sebuah tips penting yaitu “jangan suka meniru atau terlalu banyak meniru konten”. Kembangkan kreativitas kalian selalu dan munculkan ide baru dalam video kalian. Video kalian nantinya bisa menjadi sumber inspirasi.

Kedua content creator Indonesia telah memaparkan tips dan triknya untuk membuat konten di TikTok, terlebih di bulan Ramadan ini. Manfaatkan tema dan momentum yang ada untuk menarik perhatian penonton. TikTok sendiri merupakan platform yang telah beroperasi di 150 negara dan wilayah jadi tentu video kalian nantinya akan berpotensi ramai ditonton melalui #SamaSamaBerbagi. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article