Home
/
Ramadan

Tips Jualan Makanan Online Agar Laris Manis Selama Ramadan

Tips Jualan Makanan Online Agar Laris Manis Selama Ramadan
Vina Insyani24 March 2023
Bagikan :

Uzone,id — Selain ditunggu-tunggu umat muslim, Ramadan juga menjadi momen yang menguntungkan bagi para penjual, khususnya makanan dan fashion.

Walau PPKM sudah dicabut dan masyarakat bisa melakukan berbagai aktivitas di ruang publik, berbelanja online masih menjadi top choice masyarakat, apalagi di tengah ibadah puasa kali ini.

Platform online food delivery (OFD) juga tetap menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mendapatkan makanan favorit mereka di momen khusus Ramadan seperti sahur dan buka puasa. 

Makanya, momentum ini harus dimaksimalkan oleh para penjual makanan apalagi di platform online seperti GoFood dkk. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan oleh pengusaha kuliner online agar jualan semakin laris diburu saat Ramadan.

  • Pahami waktu favorit pelanggan kalian selama Ramadan 

Pelaku usaha kuliner harus paham betul dengan waktu-waktu krusial untuk berjualan. Waktu yang tepat untuk berjualan di Ramadan ini adalah menjelang berbuka atau pukul 16.00 - 19.00, maka dari itu pastikan stok bahan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Waktu krusial yang kedua adalah menjelang sahur pukul 02.00 - 04.00. Tak banyak yang membuka resto 24 jam, makanya ini menjadi kesempatan besar untuk membuka usaha waktu sahur untuk meningkatkan omzet.

  • Jual menu yang paling laris di kalangan pelanggan

Pelaku usaha kuliner juga perlu memilih menu yang mudah diolah agar proses dalam pengemasan menu makanan lebih cepat dan pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama. 

Pelaku usaha kuliner dapat menjual menu khas berbuka puasa yang paling dicari oleh pelanggan selama Ramadan seperti es cendol, sop buah, aneka gorengan, hingga jajanan pasar. 

  • Hadirkan paket menu khusus ramadan

Salah satu strategi untuk menarik perhatian pelanggan adalah mengembangkan menu-menu paket seperti paket berbuka + gratis takjil, paket keluarga, paket sahur, paket Ramadan hemat, atau paket menu traktir driver untuk mengajak pelanggan berbagi kebaikan dan rezeki.

  • Buat promosi dan iklan yang menarik minat pelanggan

Promosi memberikan opsi bagi pelanggan agar bisa menikmati menu berbuka dan sahur secara lebih terjangkau. Sedangkan iklan bisa jadi cara jitu menjangkau lebih banyak pelanggan.

Nah, di platform online food delivery seperti GoFood, pelaku usaha bisa memilih ragam promosi seperti kampanye promo, diskon menu, maupun kategori iklan yang disediakan.

  • Pastikan stok bahan baku aman

Di tengah tingginya pesanan pelanggan, sangat penting untuk memastikan stok bahan baku sudah tersedia dan aman. 

Kalian bisa membuat perjanjian dengan supplier lebih dulu agar menghindari kenaikan harga untuk stok bahan baku dengan jumlah banyak selama Ramadan.

  • Persiapkan karyawan cadangan 

Untuk mengantisipasi lonjakan pesanan, alangkah baiknya untuk menambah karyawan cadangan selama bulan Ramadan kali ini.

Hal ini untuk memberikan kesan baik pada pelanggan, dimana meskipun resto sedang ramai, pelayanan yang diberikan tetap berjalan dengan lancar dan maksimal.

  • Bikin foto menu dengan konsep menarik dan menggugah selera 

90 persen informasi yang dikirim ke otak manusia bersifat visual sehingga foto menu menjadi penentu pertama pelanggan dalam membeli atau tidaknya sebuah produk, khususnya di platform online.

Nah, oleh karena itu pelaku usaha kuliner harus mulai memikirkan gambar produk makanan mereka di etalase toko online. Di era smartphone saat ini, pelaku usaha bisa dengan mudah dan hemat membuat foto menu yang menarik hanya dengan kamera smartphone

  • Manfaatkan kekuatan media sosial

Di momen seperti Ramadan, banyak pelanggan yang mencari rekomendasi resto atau makanan melalui media sosial.

Agar makin menunjang pemasaran resto selama bulan Ramadan sekaligus menggaet pengguna baru yang lebih luas serta memudahkan mereka menemukan produk kalian, pelaku usaha kuliner bisa memanfaatkan media sosial seperti TikTok, Instagram dan Facebook sebagai channel untuk menghadirkan konten-konten kreatif mengenai resto kalian, disana juga kalian bisa berbagi informasi terkait promo menarik dan menu-menu baru menggunakan foto menarik yang sudah kalian siapkan sebelumnya.

populerRelated Article