icon-category Lifestyle

Tips Karier: 5 Hal yang Dapat Dilakukan agar Makin Produktif Bekerja

  • 26 Nov 2018 WIB
Bagikan :

Terdapat banyak faktor yang dapat membuat produktivitas kerja menurun. Mulai dari pekerjaan yang menumpuk, masalah pribadi, perhatian yang mudah teralihkan hingga rasa lapar yang melanda saat bekerja.

Hal-hal tersebut tentu bukan hal yang asing bagi Anda para pekerja. Menjaga konsentrasi di tempat kerja untuk tetap produktif, sering kali menjadi hal yang menantang untuk dilakukan. 

Namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menangkal gangguan-gangguan tersebut. kumparanSTYE pun telah merangkum lima tips karier yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja.

Apa saja? Mari simak ulasannya.

1. Konsisten dengan tujuan

Salah satu kebiasaan orang yang produktif adalah memiliki rencana dan tujuan yang jelas ingin dicapai dalam kariernya. Oleh karena itu tak heran, mereka akan konsisten dengan apa yang sedang dikerjakan. Kebiasaan baik tersebut memudahkan mereka untuk mencapai hal yang telah mereka rancang. 

2. Menciptakan tempat kerja yang efisien

Sebelum memulai kerja, pastikan untuk. merapikan tempat kerja Anda. Jika meja Anda penuh tumpukan kertas, biasakan berbenah sekitar 15 menit. Cara ini bisa menjadi kegiatan produktif yang memberikan variasi dan meningkatkan efisiensi. 

Selain itu, pastikan berbagai perlengkapan kerja yang Anda butuhkan mudah untuk digapai. Sediakan pula tempat menyimpan barang atau laci keci di meja Anda.

3. Membuat to do list

Membuat to do list di buku catatan atau menempel sticky notes di meja kerja dapat membantu meningkatkan produktifitas Anda dalam bekerja. Kebiasaan ini baik untuk menentukan prioritas pekerjaaan dan dapat membuat pola kerja lebih efektif karena Anda dapat memilah-milah hal apa saja yag harus dikerjakan terlebih dahulu. Jangan lupa sisipkan pula kalimat-kalimat yang dapat memotivasi Anda untuk mengerjakan daftar tugas yang harus dikerjakan. 

4. Kurangi waktu bermain di media sosial

Membuka media sosial sering kali membuang waktu yang cukup banyak. Terlebih lagi saat scrolling feed di Instagram, kebiasaan ini seringkali membuat kita lupa waktu. Demi produktifitas kerja Anda, coba log out semua akun media sosial Anda saat bekerja, atau batasi waktu saat membukanya. Misalnya saja, buka media sosial hanya pada jam tertentu pada jam makan siang atau setelah waktu pulang kantor.

5. Tidur yang cukup

Dengan waktu tidur yang cukup, kebutuhan kafein Anda menurun, sementara ketajaman fokus Anda meningkat.

Keinginan untuk menjadi produktif pun bertambah. Faktanya, riset menyatakan dalam waktu kerja yang pada umumnya yaitu 8 jam, rata-rata pekerja hanya produktif dalam 2 jam dan 53 menit. Salah satu alasannya adalah rasa lelah. Oleh karena itu, tidur yang cukup merupakan salah satu kebiasaan yang krusial dalam upaya mencapai produktivitas optimal. 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini