home ×
Startup

Tips Marketing di Masa Pandemi untuk UMKM Agar Bisnis Tetap Eksis

01 April 2021 By
Tips Marketing di Masa Pandemi untuk UMKM Agar Bisnis Tetap Eksis
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Satu hal penting yang bisa membuat bisnis tetap eksis di masa apapun, termasuk di era Pandemi Covid-19, adalah marketing. Dibutuhkan strategi marketing yang kuat untuk bisa mempertahankan bisnis agar tetap terus maju.

Marketing atau pemasaran merupakan inti dari aktivitas bisnis yang berkaitan dengan cara pemilik bisnis memasarkan produknya secara efektif. Inilah yang membuat mereka dikenal pelanggan dan berujung produk yang terjual dalam jumlah masif.

Dalam pelaksanaannya, pemasaran membutuhkan perencanaan dan adaptasi mengikuti perubahan zaman. Sebagai pemilik bisnis, kita perlu mengikuti tren keadaan dan teknologi saat ini agar dapat selalu memasarkan produk secara up to date sehingga nantinya pelanggan dapat mengetahui dan tertarik dengan produk yang terjual.

Baca juga: 5 Fitur Sakoo yang Bikin Mudah Kelola Toko Online

Di masa pandemi saat ini, dengan berkurangnya aktivitas di luar rumah yang dilakukan oleh masyarakat dan terjadinya penurunan ekonomi skala besar, maka tentunya akan menjadi sebuah tantangan bagi semua pemilik bisnis dalam menjual dan memasarkan produknya.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diikuti sebagai strategi pemasaran di masa pandemi, yang Uzone.id kutip dari laman platform Sakoo.

1. Maksimalkan channel online
Saat ini, tidak sedikit pemilik bisnis yang mengurangi strategi pemasaran secara offline dan mulai beralih ke online yang mudah dilakukan dan dapat menjangkau pasar yang luas. Sebagai pemilik bisnis, kita bisa memaksimalkan peluang dengan melebarkan bisnis melalui online channel, seperti mulai menjual produk di website, berbagai marketplace, dan sosial media agar produk lebih mudah dijangkau pelanggan. Dengan membuka toko melalui online channel, kita juga bisa membuka toko 24 jam sehingga pelanggan dapat mengunjungi toko kapan pun dan dimana pun.

Kita bisa memulai buat website gratis, lalu melakukan pengelolaan toko di banyak marketplace secara terpusat melalui Sakoo tanpa perlu pindah-pindah aplikasi. Di Sakoo, pengguna bisa langsung upload produk, stok, cek transaksi sampai dengan data pelanggan.

2. Buat Produk yang Mudah Dijangkau oleh Pelanggan
Selain menyesuaikan produk dan harga produk dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, kamu juga bisa memudahkan produkmu dijangkau melalui menyediakan berbagai pilihan pembayaran hingga pilihan pengiriman. Dengan menyediakan berbagai pilihan, maka nantinya akan memudahkan pelanggan membeli produk dari tokomu sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan pelanggan.

Kita bisa menyediakan pilihan pembayaran mulai dari payment gateway, bank transfer, hingga metode pembayaran Cash on Delivery (COD) dan pilihan pengiriman kurir pribadi hingga kurir ekspedisi untuk pelanggan. Fitur tersebut bisa didapatkan menggunakan layanan website dari Sakoo juga.

3. Kelolaa Hubungan dengan Pelanggan
Proses pemasaran produk dengan pelanggan tidak cukup hanya saat transaksi jual beli selesai. Kita tetap perlu menjalin hubungan yang baik bahkan setelah selesainya transaksi dengan pelanggan. Terlebih di masa pandemi saat ini, dengan tetap terhubung dan menjalin hubungan yang baik, maka nantinya akan meningkatkan peluang bagi pelanggan untuk mengulangi transaksinya pada produk sehingga penjualan juga akan maksimal. Selain itu, kita juga bisa tetap berkomunikasi dan memberikan informasi terkait produk baru, promosi, hingga penawaran menarik lainnya kepada pelanggan.

Kita bisa kelola semua data pelanggan yang telah bertransaksi di toko online dan offline secara otomatis dan melakukan promosi melalui WhatsApp dan SMS Broadcast dengan Sakoo. Cek sekarang di sini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article